Manchester United Menang Lagi, Jadon Sancho Jadi Pahlawan

Manchester-united7.jpg
(Geoff Caddick/AFP)

RIAU ONLINE, MANCHESTER-Manchester United menang tipis atas tuan rumah Leicester City. Manchester United nampaknya mulai bisa menghilangkan mimpi buruk dikalahkan Brentford 4-0 di pekan kedua Liga Inggris.

Pada pekan keempat Man United juga bisa mengalahkan Liverpool 2-1 di Old Trafford. Hasil positif ini membawa Man United ke performa terbaiknya. Gol tunggal Man United yang diciptakan Jadon Sancho pada menit ke-23 bisa menggetarkan Stadion King Power, markas Leicester City.

Pada lanjutan pekan kelima Liga Inggris musim 2022-2023 itu, bintan Man United, Cristiano Ronaldo nyaris menciptakan gol cantik dari tendangan salto. Sayang tendangannya masih melebar. Ronaldo sendiri dimainkan bukan sebagai pemain inti atau starting eleven, namun dari bangku cadangan.

Kemenangan ini menjadi kemenangan berturut-turut Setan Merah selama tiga pekan dan tentu saja poin tiga beruntun. Menurut manajer Man United Erik ten Hag, ia menurunkan pemain inti sama seperti dua laga sebelumnya yang meraih kemenangan.

Permainan Rashford dan tim pun dinilai cukup dinamis dan skemanya apik, terbukti dengan beberapa kali merepotkan barisan belakang tuan rumah.

Kemenangan Man United melalui proses dari serangan bagian kanan Leicester, dimana pasukan Ten Hag bermain impresif. Dalot mengumpan pada Bruno Fernandes dan mengumpang lagi ke Rashford dan diteruskan pada Sancho.

Pemain sayap yang lolos dari penjagaan dikotak penalti itu lalu berhasil melewati satu pemain lawan sebelum menyepak bola yang masuk ke gawang Leicester. Gol untuk Man United di menit ke-23.

The Foxes sebenarnya mulai bermain terbuka dan keluar dari tekanan pada babak kedua. Namun tim tamu justru sempat mendapat dua tendangan bebas dari posisi ideal meski keduanya gagal dimanfaatkan jadi gol. Hasil akhir pun tetap 0-1 untuk kemenangan Man United.

Susunan Pemain:


LEICESTER (4-1-4-1): 1-Ward, 2-Justin, 25-Ndidi, 6-Evans, 33-Thomas; 42-Soumare; 10-Maddison, 8-Tielemans (14-Ihenacho 76'), 22-Dewsbury-Hall, 7-Barnes; 9-Vardy (20-Daka 87') Cadangan: 4-Soyuncu, 11-Albrighton, 17-Perez, 26-Praet, 27-Castagne, 31-Iversen, 24-Brunt Pelatih: Brendan Rodgers

MAN UNITED (4-2-3-1): 1-De Gea; 20-Dalot, 19-Varane, 6-Martinez, 12-Malacia; 39-McTominay, 14-Eriksen; 36-Elanga (18-Casemiro 59'), 8-Fernandes, 25-Sancho (7-Ronaldo 68'); 10-Rashford (17-Fred 87') Cadangan: 22-Heaton, 40-Kovar, 2-Lindelof, 5-Maguire, 34-Van de Beek, 40-Kovar, 49-Garnacho Pelatih: Erik ten Hag

Posisi Cristiano Ronaldo

Ronaldo di Manchester United nyaris tergeser. Dari empat laga Liga Inggris musim 2022-2023 saja, Ronaldo baru sekali dimainkan sebagai pemain inti atau starting eleven, sementara tiga laga lain sebagai pemain cadangan.

Menjawab pertanyaan publik, pelatih Man United Erik ten Hag menyatakan bahwa Ronaldo masih akan tetap di Old Trafford.

Ronaldo masih dipertahankan oleh manajemen Setan Merah menurut Erik ten Hag karena Man United memang masih butuh pemain yang bisa memperkuat lini depan.

“Tiadak hanya dari segi jumlah tetapi juga berdasarkan aspek kualitas, karena United turut terimbas pemadatan jadwal musim ini yang dilakukan demi menyambut Piala Dunia 2022 sebelum jeda pertengahan November mendatang,” ungkap Mantan pelatih Ajax itu.

Menurut Erik ten Hag, lini depan dan departemen serangan masih perlu diperkuat karena Man United memiliki banyak pertandingan untuk dilewati.

“Kami akan mulai melakoni tiga pertandingan sepekan, mungkin bermain tiap tiga atau empat hari,” papar Ten Hag lagi dalam pernyataan resminya yang dikutip pada Jumat (2/9/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, tensi pertandingan yang sedemikian padat itu tentu saja membuat para pemain depan lebih mudah kelelahan.

“Karena mereka harus lebih sering berlari, mereka bermain dengan intensitas tinggi. Itu yang kami harapkan sehingga kami butuh banyak pemain, bukan hanya dari segi jumlah, tetapi juga kualitas,” sambungnya lagi.

Erik ten Hag juga menegaskan masih akan memasukkan Ronaldo dalam rencananya, dengan harapan turut membantu menciptakan konsistensi permainan dalam setiap pertandingan yang dimainkan dikutip dari suara.com

“Seperti yang saya bilang, kami butuh pemain-pemain berkualitas dan Anda membutuhkan lebih banyak demi mengatasi semua pertandingan agar menjaga konsistensi. Itulah yang kami inginkan,” tegasnya.