Surpres, DPR Terima Surat Permohonan Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Sandy-Walsh-dan-Jordi-Amat.jpg
(Instagram/@PSSI via Okezone.com)

 

RIAU ONLINE - Dua surat presiden diterima Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk dua orang. Masing-masing permohonan itu untuk dua pemain sepak bola yang rencana akan menjadi pemain naturalisasi, Jordi Amat Maas dan Sandy Walsh.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan permohonan kewarganegaraan untuk Jordi itu tertuang dalam Surat Presiden RI Nomor R26 tertanggal 17 Juni 2022.

"Perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Jordi Amat Maas," kata Dasco di dalam Rapat Paripurna DPR, dilansir Suara.com, Kamis, 30 Juni 2022.

Sementara untuk Sandy Walsh tertuang dalam Surat Presiden RI Nomor R27 tertanggal 17 Juni 2022.

"R27 tanggal 17 Juni perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas saudara Sandy Walsh," kata Dasco.


Sebelumnya, ada tiga nama calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jordi Amat, Sandi Walsh, dan Shayne Pattynama dikabarkan bisa memperkuat Indonesia pada putaran final Piala Asia 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Hasani Abdulgani selaku Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI melalui akun Instagram pribadinya selepas Timnas Indonesia berhasil kalahkan Nepal dengan skor 7-0 dan memastikan tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

"Alhamdulillah. Insya Allah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama bisa join di Piala Asia 2023," tulis Hasani Abdulgani di postingan foto pada akun Instagram pribadinya.

Hasani Abdulgani merupakan merupakan sosok yang terlibat langsung dalam mengurus proses naturalisasi yang dilakukan oleh Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Sebenarnya ketiga nama pemain tersebut menjadi proyeksi PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia di Kuwait kemarin. Namun hal itu tidak terwujud dikarenakan proses naturalisasi yang mepet dan membutuhkan waktu cukup lama.

Skuad Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di bawah tangan dingin Shin Tae-yong. Tentunya ini menjadi peluang besar bagi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang paling bergengsi se Asia itu.

Banyak yang berharap agar proses naturalisai Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama bisa cepat selesai dan segera berseragam Timnas Indonesia.

Kehadiran tiga pemain tersebut tentunya akan memperkuat kedalaman skuad Garuda di putaran final Piala Asia 2023 mendatang. Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama diharapkan memberikan kontribusi penting dalam skuad yang nantinya akan dibawa oleh Shin Tae-yong untuk menghadapi Pialas Asia 2023.