Derbi Panas di UEFA Nations League, Belgia vs Belanda, Siapa Menang?

Frenkie-de-Jong-timnas-belanda.jpg
(Via suara.com/JOHN THYS / AFP)

RIAUONLINE, BRUSSEL-Timnas Belgia siap menghadapi seteru abadinya, Timnas Belanda dalam laga matchday 1 Grup A4 musim baru UEFA Nations League.

Derbi klasik antara dua negara tetangga yang sering disebut sebagai 'Low Countries derby' ataupun 'Derby der Lage Landen' ini akan dihelat di King Baudouin Stadium, Brussels, Belgia, Sabtu (4/6/2022) dini hari nanti pukul 01.45 WIB.

Persaingan di Grup A4 ini sendiri diperkirakan bakal ketat. Selain Belgia dan Belanda, ada Polandia dan Wales. Pada Kamis (2/6/2022) dini hari WIB, Polandia melakukan start apik dengan mengalahkan Wales 2-1.

Belgia dan Belanda sudah sama-sama memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Musim baru Nations League ini pun tentu akan dijadikan kedua negara sebagai persiapan menuju Qatar, selain tentunya ini adalah laga resmi di kompetisi yang berbeda.

Pertemuan terakhir Belgia dan Belanda sendiri adalah di laga uji coba alias laga persahabatan pada Oktober 2018 lalu.


Kedua tim bermain imbang 1-1 di Brussels, dengan gol Belgia dicetak Dries Mertens, sementara gol Belanda dibukukan Arnaut Danjuma.

Belanda sendiri masih lebih unggul dibanding Belgia dalam catatan pertemuan kedua negara dikutip dari suara.com

Dari 127 laga derbi sebelumnya, 55 laga berhasil dimenangi Belanda berbanding 41 untuk Belgia. Sedangkan 31 laga lainnya berakhir dengan skor imbang.

Prakiraan Susunan Pemain:

Belgia XI: Casteels; Alderweireld, Boyata, Vertonghen; Meunier, Tielemans, Witsel, Carrasco; E Hazard, Lukaku, De Bruyne.

Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol)

Belanda XI: Flekken; De Ligt, Van Dijk, Ake; Dumfries, Berghuis, Koopmeiners, F de Jong, Blind; Weghorst, Memphis

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)