Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Usai Kalahkan Timor Leste

vs-timor-leste.jpg
((dok PSSI))

RIAUONLINE - Timnas Indonesia berhasil mengkatrol ranking FIFA usai mengalahkan Timor Leste dalam laga persahabatan resmi pada Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Digelar di Stadion I Wayan Dipta, skuad Garuda terus menekan lawan sejak menit awal. Namun, Timor Leste mampu membuat kejutan dengan membuka gol lewat Paulo Freitas pada menit ke-34.

Timnas Indonesia baru bangkit di babak kedua. Ricky Kambuaya mencetak gol penyeimbang pada menit ke-63. Kemudian Pratama Arhan mampu membalikkan keadaan lewat penalti di menit ke-72.

Dalam kurun waktu sekitar delapan menit, anak asuh Shin Tae-yong akhirnya unggul jauh dari Timor Leste. Hal itu karena terjadi gol bunuh diri di menit ke-74 dan 79.


Timnas Indonesia pun mengunci kemenangan dengan skor 4-1. Hasil ini kemudian mendongrak posisi tim Merah Putih di ranking FIFA.

Melansir dari Footy Ranking, sebelumnya timnas Indonesia berada di posisi ke-164 dengan poin 993,96. Mereka menyebut jika anak asuh Shin Tae-yong menang dua kali, maka poin skuad Garuda bertambah 7,65.

Artinya dengan satu kemenangan ini, timnas Indonesia mendapatkan tambahan 3,82 poin, sehingga kini poin total adalah 997,78. Oleh sebab itu, ranking FIFA tim Merah Putih kini naik tiga tingkat melewati Fiji, Barbados, dan Vanuatu.

Sementara itu, jika di laga kedua nanti lawan Timor Leste timnas Indonesia menang, anak asuh Shin Tae-yong akan mendapatkan poin lagi. Total poinnya menjadi 1001,61.

Dengan itu, Evan Dimas cs bisa menggeser Singapura di ranking FIFA. Jika ini terjadi, timnas Indonesia bisa masuk ke pot 3 di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com