Menir Erik, Mantan Asisten Guardiola Gantikan Koeman Latih Barcelona

Erik-ten-Hag.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, BARCELONA-Erik Ten Hag sepakat latih Barcelona. Pria Belanda itupun meminta Blaugrana mendatangkan 5 pemain baru.

Ditinggal Lionel Messi, Barcelona menyuguhkan performa buruk musim ini. Di Liga Champions, mereka kini jadi juru kunci usai selalu kalah 0-3 di 2 laga pertama fase grup dari Bayern Munchen dan Benfica.

Di Liga Spanyol, mereka baru saja dikalahkan Atletico Madrid akhir pekan lalu dan kini terpuruk di peringkat 9 klasemen sementara.

Situasi ini pun membuat nasib pelatih Ronald Koeman di ujung tanduk. Ia disebut bakal segera dipecat dengan sejumlah nama masuk bursa kandidat penggantinya, mulai dari Xavi Hernandez, Roberto Martinez, hingga Andrea Pirlo.

 

Profil Erik Ten Hag, Pelatih Ajax Diusulkan Guardiola ke Laporta untuk  Gantikan Koeman di Barcelona - Tribunjateng.com


Erik Ten Hag 

Meski demikian, sosok yang akhirnya jadi pengganti Koeman adalah sesama pelatih asal Belanda. Dilansir Barca Universal, Blaugrana telah mencapai kesepakatan dengan Erik ten Hag untuk menjadi pelatih baru mereka.

Meski demikian, laporan itu menyebut bahwa ten Hag baru akan datang pada Juni 2022 nanti atau pada akhir musim ini.

Lebih lanjut, pria Belanda itu juga disebut telah meminta kepada Barcelona agar mendatangkan 5 pemain baru yang ia inginkan.

Kelima pemain tersebut adalah Matthijs de Ligt (Juventus), Ryan Gravenberch (Ajax), Donny van de Beek (Manchester United), Dani Olmo (RB Leipzig), dan Erling Haaland (Borussia Dortmund).

Di sisi lain, ten Hag juga meminta raksasa Liga Spanyol itu menyingkirkan sejumlah pemain yang tak akan masuk rencananya, yakni Samuel Umtiti, Luuk de Jong, Martin Braihwaite, Philippe Coutinho, dan Clement Lenglet.

Kepergian para pemain minim kontribusi itu diharapkan bisa membantu menambah dana belanja Barcelona untuk memboyong para pemain incaran Ten Hag.

Lebih lanjut, terbuka juga peluang menyingkirkan sejumlah pemain bergaji besar seperti Jordi Alba, Sergi Roberto, dan Sergio Busquets untuk membantu menyeimbangkan kondisi finansial klub dikutip dari indosport.com

Erik ten Hag sendiri saat ini masih berstatus sebagai pelatih Ajax Amsterdam. Ia sukses membawa tim tersebut memenangi Eredivisie Belanda 2 kali dan lolos ke semifinal Liga Champions 2018/2019.