Kalahkan Kolombia, Argentina Tantang Brasil di Final Copa America 2021

Argentina-lolos-ke-final-Copa-America.jpg
((AP/Andre Penner))

RIAU ONLINE, BRASILIA-Argentina tantang Brasil di final Copa America 2021. Argentina melaju final Copa America 2021 untuk menantang Brasil setelah Tim Tango mengalahkan Kolombia lewat adu penalti.

Laga semifinal Copa America dihelat di Estadio Nacional de Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi WIB. Tim Tango sudah mampu unggul cepat ketika laga baru berjalan tujuh menit.

Giovani Lo Ceso melepas umpan terukur ke Lionel Messi yang menusuk ke kotak penalti. La Pulga dengan baik mengontrol bola.

Ia kemudian menyodorkan bola ke belakang kepada Lautaro Martinez. Lautaro kemudian melepas tembakan ke pojok kiri gawang Kolombia Argentina unggul 1-0.

Tertinggal, Kolombia nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-36. Wilmer Barrios melepas sepakan voli menyambar bola liar halauan dari Nicolas Otamendi. Namun, upayanya ini masih menerpa tiang gawang.

Argentina punya kesempatan untuk menggandakan kedudukan di menit ke-44. Sepak pojok Messi bisa ditanduk oleh Nicolas Gonzalez. Sundulan Gonzalez ini gagal berbuah gol usai David Ospina melakukan penyelamatan gemilang.

Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Kolombia tampil menekan memburu gol penyama kedudukan. Usaha mereka tersebut akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61.


Luis Diaz menusuk dari sisi kiri. Ia bisa memenangi duel dengan German Pazzella sebelum melepas sepakan dari sudut sempit.

Bola sepakannya bersarang ke pojok kiri gawang Emiliano Martinez. Kolombia menyetarakan angka 1-1.

Argentina membuang kesempatan untuk kembali unggul di menit ke-74. Lini belakang Kolombia membuat kesalahan fatal saat melakukan back pass.

Bola berhasil diserobot Angel Di Maria saat Ospina sudah meninggalkan gawangnya. Di Maria lalu memberikan umpan ke Martinez yang langsung melepas tembakan. Davinson Sanchez melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau bola di garis gawang.

Argentina kembali punya peluang emas di menit ke-81. Kali ini, sepakan Messi hanya menerpa tiang gawang.

Di sisa waktu normal tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 mengakhiri 90 menit hingga duel harus ditentukan lewat adu penalti.

Juan Cuadrado mengawali adu penalti dan sukses menyarangkan ke pojok gawang Martinez. Demikian pula dengan Messi yang menendang kencang ke pojok kiri atas mengecoh David Ospina.

Eksekutor kedua Kolombia Davinson Sanchez gagal setelah Martinez berhasil membendung bola yang mengarah ke kanan. Eh, Argentina pun ikut gagal setelah sepakan Rodrigo De Paul melayang ke angkasa.

Yerry Mina maju sebagai penendang ketiga dan lagi-lagi Martinez mampu menepis bola sepakan ke arah kanan. Argentina memimpin 2-1 setelah Leandro Paredes mengecoh Ospina ke sisi kiri.

Penendang keempat Kolombia Miguel Borja berhasil membuat skor 2-2 karena tembakannya menaklukkan Martinez. Lautaro membuat Argentina unggul 3-2 setelah bola sepakannya mengarah ke pojok kanan atas dikutip dari detik sport

Argentina melaju ke final setelah Martinez berhasil menepis penendang kelima Kolombia, Edwin Cardona, yang menuju sisi kirinya. Argentina akan menghadapi Brasil di final Copa America, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Argentina: Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 46'), German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez, Giovani Lo Celso (Leandro Paredes 56'); Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez (Angel Di Maria 67').

Kolombia: David Ospina; Daniel Munoz, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo (Frank Fabra 46'); Juan Cuadrado, Wilmer Barrios, Gustavo Cuellar (Yimmi Chara 46'), Luis Diaz; Rafael Borre (Edwin Cardona 46'), Duvan Zapata (Miguel Borja 60').eas Desca | Editor: Ari Nugroho