Libas UEA 1-0, Timnas Indonesia Lolos Babak 8 Besar

Timnas-U19-Indonesia-UEA.jpg
(Liputan6.com)

RIAUONLINE, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos di babak 8 besar Piala AFC U-19 2018 setelah menakhlukkan Uni Emirat Arab (UEA) 1-0 pada laga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu 24 Oktober 2018.

Witan Sulaeman menjadi pahlawan Timnas Indonesia U-19 lewat golnya di menit ke-23.

Ini adalah gol ketiga Witan Sulaeman pada Piala AFC U-19 2018. Sebelumnya dia mencetak dua gol pada partai versus Chinese Taipei.

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan mengakhiri putaran awal sebagai runner-up Grup A. Garuda Nusantara mengakhiri fase awal dengan perolehan enam angka, sama seperti Qatar dan UEA. Timnas kalah pertemuan melawan Qatar (5-6) namun unggul atas UEA (1-0).

Anak asuh Indra Sjafri ini selanjutnya menghadapi juara Grup B Jepang pada perempat final Piala AFC U-19. Laga itu berlangsung di SUGBK, Minggu 28 Oktober 2018 mendatang.

* Pertarungan Dua Babak

TIMNAS Indonesia U-19 coba menekan sejak wasit meniup tanda diawalinya laga. Namun, UEA tidak tinggal diam dan membalas.

Setelah saling meraba pada 10 menit awal, timnas mendapat kesempatan emas pertama di menit ke-12. Namun tandukan Hanis Saghara masih melambung di atas gawang UEA.

Setelah itu Saddil Ramdani mengirim umpan matang ke daerah berbahaya. Sayang Egy Maulana tidak mampu menjangkau.


UEA balik mengancam timnas lewat tendangan Majed Rashed yang masih melebar. Sedangkan usaha Egy Maulana masih bisa diantisipasi kiper lawan.

Usaha timnas akhirnya membuahkan hasil di menit ke-23. Memanfaatkan kesalahan Yousif Ali dalam menguasai bola, Witan menerobos sendirian pertahana UEA sebelum melepas tendangan yang tidak bisa diantisipasi kiper Suhail Abdulla.

Tendangan Ali Saleh sempat membahayakan gawang timnas. Namun, Saddil Ramdani membalas dengan situasi serupa.

Egy Maulana dan Witan Sulaeman lalu berkolaborasi melalui serangan balik. Sayang tendangan Witan Sulaeman jauh melambung.

Pada akhirnya kedudukan tidak berubah karena UEA beberapa kali gagal menfaatkan bola mati.

Di babak kedua, UEA berusaha menyamakan dan mengurung pertahanan timnas. Tekanan mereka memaksa kapten timnas, Nurhidayat, melakukan pelanggaran yang berujung kartu kuning kedua.

Kekurangan pemain, timnas lebih banyak mencoba serangan balik dan bola panjang. Egy Maulana sempat dapat kesempatan melalui strategi ini meski usahanya melebar.

Pemain Lechia Gdansk itu terkena cedera pada peluang tersebut. Egy Maulana pun tidak bisa melanjutkan permainan dan ditarik keluar.

UEA terus menekan. Ali Saleh kembali mengancam lewat tendangan voli. Namun sepakannya melenceng dari gawang Muhammad Riyandi.

Tidak mau terus bertahan, timnas membalas lewat penetrasi Todd Rivaldo Ferre dan tendangan jarak jauh Muhammad Luthfi Kamal.

Pada akhirnya kedudukan tidak berubah dan timnas lolos ke babak selanjutnya.

Tulisan ini sudah tayang di Liputan6.com dengan judul "Bekuk UEA, Timnas Indonesia U-19 Lolos ke 8 Besar Piala AFC"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online,

Follow Instagram riauonline.co.id