Berikan Perlawanan, Timnas U23 Akhirnya Dikalahkan Korea Selatan 1-2

Skuad-timnas-Indonesia-memasuki-Stadion-Shah-Alam-Malaysia.jpg
(Kompas)

RIAUONLINE - Timnas Indonesia U23 mengalami kekalahan 1-2 saat menjamu Korea Selatan pada partai uji coba, di Stadion Pakansari, Cibonong, Bogor, Sabtu malam, 23 Juni 2018. Timnas U23 yang mampu mengimbangi permainan Korsel hingga menit akhir babak kedua harus pupus berkat gol yang diciptakan Han Seunggyu setelah terajadi kemelut di depan gawang. Kiper Timnas U23 Awan Seto gagal mengantisipasi bola mati yang memantul ke tengah lapangan, disambut dengan sepakan keras Han Seunggyu di menit 95'.

Dilansir dari CNN Indonesia, Korsel unggul lebih dahulu lewat sundulan Jeong Taewook hanya beberapa menit sebelum babak pertama berakhir. Sementara itu Indonesia menyamakan kedudukan lewat tandukan keras Hansamu Yama di menit ke-93. Dua menit kemudian, atau di menit ke-95, Korsel secara dramatis mencetak gol kemenangan lewat sepakan keras Han Seunggyu.

Indonesia sendiri mampu mengimbangi permainan Korea Selatan, terutama di babak kedua. Serangan balik Indonesia beberapa kali mampu menembus pertahanan Korsel.

Sementara itu, kehadiran Alberto Goncalves yang bermain lebih ke dalam di babak pertama membantu aliran bola lebih cepat dalam transisi bertahan ke menyerang.

Indonesia mendapatkan peluang pertama di menit ke-5. Berawal dari umpang lambung Goncalves dari tengah lapangan sukses mendarat ke kaki Septian David yang lolos dari perangkat offside.

Septian kemudian menerobos ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper Korsel Kang Hyenmu, tapi sebelum bisa menendang, bek Korsel merebut bola dari kaki Septian.

Di menit ke-31, Korsel mendapatkan peluang lewat sepakan keras Lee Donggyeong dari luar kotak penalti. Namun bola melambung ke atas mistar gawang.

Peluang terbaik Indonesia datang di menit ke-35. Berawal dari pergerakan Riko Simanjuntak menyambar bola di sayap kanan, ia mengirimkan umpan silang ke muka gawang. Hanya saja, Goncalves gagal untuk menyambut umpan tersebut.

Korea kemudian mencetak gol di menit ke-43 lewat sundulan Jeong Taewook memanfaatkan umpan sepak pojok.

Di babak kedua, Indonesia meningkatkan tensi permainan dan lebih sering mengambil inisiatif menyerang, sementara Korsel mengandalkan serangan balik.

Indonesia nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-76. Febri Hariyadi berhasil memotong bola bek Korea Selatan dan berhadapan dengan kiper Kang Hyeonmu. Namun sepakannya yang mengarah ke gawang masih mampu diblok Hyeonmu.

Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan, beberapa menit sebelum pertandingan berakhir.

Berawal dari sepak pojok, bola berhasil dihalau bek Korea Selatan ke luar kotak penalti. Namun Indonesia kembali merebut bola dan mengarahkannya ke sayap kanan.

Satu umpan silang kemudian disambut Hansamu di depan gawang. Kedudukan pun satu sama.

Korsel kemudian berbalik unggul jelang pertandingan berakhir. Berawal dari tendangan bebas ke kotak penalti, kiper M. Ridho berhasil menghalau bola tapi kemudian bola jatuh ke kaki Han Seunggyu. Dengan tenang ia mengoyak gawang Indonesia dan membawa Korsel menang.