Spanyol Cetak Sejarah di Liga Champions

liga-champion-bola.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Spanyol mencetak sejarah setelah lima klub asal Negeri Matador masuk babak grup Liga Champions 2015/2016. Kepastian itu didapat setelah Valencia menyingkirkan AS Monaco di babak playoff, Selasa (25/8) malam waktu setempat.

 

Kekalahan 1-2 dari Monaco di Stade Louis II tetap membuat Valencia lolos. Los Che menyingkirkan klub Ligue 1 itu dengan keunggulan agregat 4-3 setelah menang 3-1 di leg pertama.

 

Keberhasilan Valencia lolos ke fase grup, seperti dikutip dari Marca, membuat Spanyol menjadi negara pertama yang mampu meloloskan lima klub.

 

Empat klub Spanyol lainnya yang sudah memastikan tempat di fase grup adalah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla. Nama terakhir berhak lolos ke fase grup dengan status juara bertahan Liga Europa.


 

Peluang lima klub di fase grup Liga Champions kali pertama didapat Inggris pada musim 2005/2006, setelah Liverpool menjadi juara. Namun, ketika itu Everton gagal lolos ke fase grup setelah kalah di babak kualifikasi.

 

Spanyol sukses mendominasi kompetisi klub Eropa dalam dua musim terakhir. Musim lalu, Barcelona berhasil menjadi juara Liga Champions dan trofi Liga Europa direbut Sevilla.

 

Sementara pada musim 2013/2014, dua klub asal Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid, berhasil melangkah ke babak final Liga Champions. Trofi Liga Champions akhirnya direbut Madrid, sedangkan Sevilla juga menjadi juara Liga Europa musim itu.

 

Undian fase grup Liga Champions 2015/2016 akan berlangsung di Monaco besok, Kamis (27/8).

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline