Harga Bawang Merah, Telur dan Daging Ayam di Pekanbaru Belum Stabil

Ilustrasi-bawang-merah-di-pasar.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga sejumlah bahan pokok di Kota Pekanbaru masih fluktuatif. Saat ini ada tiga komoditi yang masih mengalami kenaikan harga yakni, bawang merah, daging ayam ras dan telur.

Tiga komoditi itu mengalami fluktuasi atau kenaikan dan penurunan harga secara tidak menentu. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak sebelum Idulfitri 2024.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pemerintah kota terus memantau pergerakan harga pangan pasca lebaran.

Adanya pemantauan guna mengatasi terjadinya gejolak harga. Menurutnya, fluktuasi kenaikan harga di sejumlah komoditi itu hampir sama dalam waktu beberapa minggu ini.


"Di Pekanbaru kita melihat trennya hampir sama, tiga komoditi itu mengalami kenaikan harga," jelas Ingot, Selasa 30 April 2024.

Ia menyampaikan, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan harga di pasaran. Mereka juga mengantisipasi kenaikan harga dengan memaksimalkan kerjasama dengan daerah penghasil.

"Kalau trennya terus naik, tentu kita harus menyiapkan antisipasi. Kita kerjasama dengan Alahan Panjang, kita maksimalkan melalui BUMD," bebernya.

Selain itu, lanjutnya, Pemko Pekanbaru juga berencana kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) atau pasar murah.

"Jadi, nanti kita bisa laksanakan kembali operasi pasar seperti yang kemarin kita laksanakan," tutupnya.