Mendag Imbau Warga Tak Perlu Khawatir, Stok Beras Banyak

Mendag-bagi-bagi-beras-di-pasar.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan tak menampik saat ini harga beras mengalami kenaikan. Meski begitu, dirinya menyebut bahwa pemerintah memiliki stok beras cukup banyak.

"Kita punya stok beras banyak, tidak usah takut, ada 1,6 juta ton," jelasnya saat melakukan peninjauan di Pasar Palapa, Pekanbaru, Jumat 15 September 2023.

Mendag yang akrab disapa Zulhas menyebut, beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau beras Bulog dibeli pedagang dengan harga Rp 9.500 per kg.

"Harga (beras SPHP) kepada masyarakat Rp 11.500 paling tinggi," sebut politisi PAN ini.

Sementara untuk ketersediaan bahan pokok, dirinya memastikan saat ini dijual dengan harga sedang. Artinya, petani untung dan konsumennya juga tidak merasa diberitakan dengan harga.


Zulhas mengatakan, sesuai perintah presiden bahwa ketersediaan bahan pokok harus ada banyak. Menurutnya, harga jual tidak boleh terlalu murah agar pedagang maupun petani tidak rugi.

"Seperti cabai di Jawa Rp 20.000, di sini Rp 40.000. Kalau di sini dijual Rp 20.000 tentu rugi. Artinya harga cabai di sini stabil," sebutnya.

Zulhas dalam kunjungan kerjanya meninjau Pasar Palapa, Jalan Palapa, Kota Pekanbaru, menyempatkan diri berbincang dengan para pedagang. Ia juga berbelanja beras, ikan asap atau ikan salai, hingga cabai.

Ia membayar langsung barang belanjaan di tempat dan sekaligus membayarkan belanjaan pembeli. Selain itu, Zulhas juga membagikan beras dan uang kepada masyarakat.