Harga Bawang di Pasar Palapa Rp 20 Ribu per Kg, Mendag: Kemurahan

Mendag-pantau-harga-pasar-palapa1.jpg
(LUKMAN/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Pasar Palapa, Jalan Palapa, Kota Pekanbaru, Jumat, 15 September 2023.

Dalam kunjungan tersebut, pria disapa akrab Zulhas tersebut langsung memantau harga bahan pokok ke sejumlah pedagang.

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Zulhas, menyampaikan bahwa ketersediaan bahan pokok harus ada banyak. 

Menurut instruksi Presiden, kata Zulhas, harga bahan pokok tidak boleh dijual terlalu murah, karena akan merugikan pedagang dan petani.

"Seperti cabai di Jawa Rp20 ribu, di sini Rp40 ribu. Kalau di sini dijual Rp20 ribu tentu rugi. Artinya harga cabe di sini stabil," ujar Zulhas


Namun untuk bawang merah dijual Rp20 ribu per kg. Ketua Umum PAN itu menyebut harga tersebut terlalu murah, seharusnya berkisar antara Rp30 - Rp40 ribu. 

"Bawang tadi harganya Rp20 ribu, kalau Rp20 ribu petani bangkrut, jadi ini kemurahan kalau mau sedang ya Rp20 sampai Rp40 ribu," jelasnya. 

Sementara untuk beras memang mengalami sedikit kenaikan. Ia memastikan bahwa pemerintah memiliki stok cukup untuk. Untuk itu masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

"Stok beras kita banyak, tidak usah takut, ada 1,6 juta ton. Beras petani pun kita beli, jadi nggak petani yang teriak, demo, karena berasnya dibeli dengan harga mahal," pungkasnya. 

Kunjungan pasar ini diharapkan dapat membantu menjaga stabilitas harga beras di pasaran.

Artikel ini ditulis Lukman, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE