AJP 2023, Pertamina Berikan Coaching Clinic dan Bimbingan kepada Para Jurnalis

Maman-Suherman-pertamina.jpg
(Tangkapan Layar/HASLINDA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pertamina kembali menggelar Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Tahun 2023 dengan tema Energizing The Nation. Sekitar 350 jurnalis yang ikut berpartisipasi mendapatkan kesempatan coaching clinic atau proses bimbingan singkat secara virtual, Selasa 22 Agustus 2023. 

Dalam kesempatan tersebut, hadir Endah Saptorini dan Maman Suherman sebagai narasumber sekaligus juri pada AJP 2023 dalam membagikan tips dan trik mengenai penilaian terhadap karya peserta.

Manager Media Communication Pertamina, Robert mengatakan, AJP merupakan program yang membanggakan sebagai upaya pertamina dalam mendukung karya jurnalistik Indonesia.

“Ini menjadi program dari tahun ke tahun. AJP ini menjadi program kebanggaan karena menjadi ajang satu-satunya yang menyediakan kesempatan untuk rekan jurnalistik sekaligus sebagai upaya pertamina untuk mendukung kemajuan dan perkembangan jurnalis," ujarnya. 

Ia menyebut, Pertamina juga memberikan apresiasi dan kesempatan kepada jurnalis se Indonesia, tidak saja melakukan liputan untuk pemberitaan, tetapi juga menulis, editing video, foto, dan sebagainya. 


Sementara, Endah Saptorini selaku pemateri yang memaparkan teori penting yang sejalan dengan prinsip jurnalistik mengungkapkan karya jurnalistik harus berkualitas, baik untuk lomba maupun tidak.

“Pada dasarnya bagaimana kita memberikan sesuatu pada bangsa melalui jurnalistik kita menulis sesuatu untuk Indonesia AJP ini memberikan sumbangsih kepada bangsa. Tidak hanya menyebarkan informasi Berita itu memberikan warna pada bangsa,” paparnya. 

Sedangkan penulis beken, Maman Suherman, menambahkan  dalam sebuah penulisan, harus melihat berbagai hal secara holistik atau menyeluruh. Mulai dari prinsip 5W+1H+S (S adalah singkatan dari So What?), Kode Etik Jurnalistik, dan sembilan elemen jurnalisme.

"Dalam pembuatan berita harus teliti, verifikasi untuk memastikan fakta sebuah berita teman teman puya sudut pandang yang berbeda dan tidak sama dengan jurnalis lainnya. Berita itu membutuhkan support data yaitu dengan data riset angka grafis detail berita statement dengan memilih pernyataan narasumber yang bermakna dan memenuhi kecakapan dasar wartawan pada 5W 1H,”jelasnya. 

Dalam agenda ini, para peserta mendapat pengarahan mengenai persyaratan dan bermacam ketentuan dalam AJP. Berupa ketentuan umum dan ketentuan pengiriman karya. Serta pemahaman tentang pembagian teritori wilayah AJP.

Para peserta juga diajak sesi tanya jawab seputar jurnalistik dan teknik yang ditetapkan dalam perlombaan ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina 2023.