Libur Panjang Tahun Baru 2023, Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Sumut

Jaringan-XL-Axiata.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan 4G XL Axiata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), termasuk di area-area wisata. Setiap tahun, masyarakat Sumatera Utara memanfaatkan masa panjang libur pergantian tahun dengan berwisata ke berbagai daerah di provinsi tersebut. 

Penguatan jaringan data ini merupakan upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal di kala musim liburan panjang. Di Provinsi Sumatera Utara, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 5.300 desa dan 347 kecamatan di 30 kabupaten/kota.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan XL Axiata secara terus menerus akan memperkuat jaringan ke semua area layanan di Sumatera Utara seiring dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data. Termasuk penguatan jaringan XL Axiata untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang pergantian tahun baru. 

“Penguatan jaringan yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas dan fiberisasi. Untuk penguatan jaringan di area-area wisata di Sumatera Utara juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang sedang digalakkan oleh pemerintah,” lanjut Desy.

Di Provinsi Sumatera Utara, saat ini infrastruktur jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 8.300 BTS, termasuk sekitar 5.300 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama libur panjang pergantian tahun, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat lebih besar dari hari normal. 


Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 4 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Kota Medan. 

“Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,” kata Desy.

Menurut Desy, XL Axiata memprediksi kenaikan trafik data selama libur pergantian tahun baru di Sumatera Utara akan mencapai sekitar 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa. Pelanggan akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga diprediksi akan lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar.

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik tertinggi diprediksi akan berasal dari Kota Medan. Selain merupakan kota terbesar, kota ini juga memiliki pelanggan terbanyak di Sumatera Utara. Layanan di Kota Medan ditopang oleh sekitar 1.150 BTS 4G. Area selanjutnya dengan trafik tertinggi selama ini ada di Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat.

XL Axiata juga memberikan perhatian di area wisata populer di Sumatera Utara, yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Berastagi, Danau Toba, dan Bukit Lawang. Selain itu, penguatan jaringan juga dilakukan di pusat keramaian di perkotaan, jalan tol Medan - Tebing Tinggi - Parapat, pelabuhan antar pulau, serta bandar udara.