Karyawan XL Axiata Salurkan Donasi Korban Banjir di Deli Serdang

XL-Axiata-salurkan-bantuan-2.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan donasi untuk warga korban banjir di Desa Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Banjir yang melanda desa ini sudah beberapa hari masih menggenang merendam rumah-rumah warga, sehingga membuat warga sulit untuk beraktivitas. Penyerahan donasi kepada para warga korban banjir diserahkan langsung oleh Head of Sales XL Axiata Greater Medan, Oloan Monang Sinambela kepada Kepala Desa Paluh Manan, Nasrul yang disaksikan warga dan tokoh masyarakat setempat di Kantor Kepala Desa Paluh Manan, Rabu (23/11).

”Banjir yang melanda Deli Serdang menjadi perhatian karyawan XL Axiata, kami merasa prihatin melihat musibah banjir yang sampai saat ini masih menggenangi rumah warga di Deli Serdang dan sekitarnya, banyak warga yang rumah dan harta bendanya tergenang air. Donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana zakat yang secara rutin dikumpulkan setiap bulan dan dikelola Majelis Ta’lim XL Axiata. Donasi ini juga sebagian berasal dari karyawan XL Axiata di Sumatera untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima. Semoga donasi ini bermanfaat buat masyarakat korban banjir,” kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Desy menambahkan bantuan ini sekaligus merupakan wujud dari kepedulian karyawan XL Axiata untuk meringankan beban masyarakat Desa Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang yang sedang menghadapi banjir. Bantuan yang diberikan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, minyak goreng, teh, gula, mie instan dan kecap yang sangat dibutuhkan masyarakat yang saat ini terdampak dari banjir. XL Axiata berupaya terus sebar kebaikan untuk menjalin silaturahmi dengan kelompok masyarakat dari berbagai kalangan.


Pada kesempatan ini, XL Axiata juga memberikan donasi berupa sembako untuk beberapa Retail Outlet (RO) yang menjadi korban banjir di Hamparan Perak, Deli Serdang. Bantuan diserahkan Territory Sales Manager XL Axiata area Deli Serdang, Oloan Martua Rajagukguk kepada pemilik toko Ulfi Ponsel, Ulfi.

Banjir yang melanda Hamparan Perak, Deli Serdang terjadi sejak 19 November 2022, yang telah menggenangi rumah warga serta merusak harta benda mereka. Curah hujan yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab banjir di Hamparan Perak ini tidak surut-surut.

”Terima atas perhatian dan donasi karyawan XL Axiata yang diberikan kepada warga desa kami. Ini menjadi banjir terbesar sejak 20 tahun terakhir. Saat ini kami telah membuat dapur umum buat makan warga desa dan sekitarnya. Beberapa warga juga terpaksa harus tidur di kantor desa dan juga rumah tetangga, besoknya kembali kerumah lagi untuk melihat kondisi rumah yang tergenang. Semoga Tuhan membalas kebaikan dan perhatiannya. Semoga XL Axiata terus berkembang dan maju di Indonesia,” ucap Kepala Desa Paluh Manan, Nasrul.

Terkait layanan XL Axiata selama terjadinya banjir Deli Serdang ini, secara keseluruhan jaringan XL Axiata di seluruh wilayah Kabupaten Deli Serdang dalam kondisi aman, sehingga tetap bisa digunakan masyarakat yang membutuhkan layanan telekomunikasi. XL Axiata akan terus memantau kondisi perangkat dan jaringan di area ini agar dapat terus beroperasi di situasi darurat bencana banjir saat ini.  Di seluruh wilayah Kabupaten Deli Serdang, layanan kepada pelanggan ditopang oleh lebih dari 750 BTS.

Seluruh dana yang terkumpul dari karyawan XL Axiata melalui Program MTXL Tanggap Bencana ini disalurkan secara langsung dengan menggelar berbagai aksi sosial untuk masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Selain disalurkan dalam bentuk bantuan darurat ke wilayah terdampak bencana, dana dari karyawan juga disalurkan dalam berbagai kegiatan sosial, seperti antara lain pembangunan dan renovasi jembatan desa, pembangunan masjid, pembangkit listrik, bedah rumah, hingga depot air isi ulang.