Harga Avtur Turun, Tiket Pesawat di Riau Terdampak?

Tiket-Pesawat.jpg
(jejakpiknik.com)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Harga avtur terpantau mengalami penurunan di awal Oktober 2022. Penurunan ini tampaknya akan mempengaruhi harga tiket pesawat.

Dari data One Solution Pertamina, pada periode 1-14 Agustus 2022, harga avtur di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II untuk penerbangan domestik menjadi Rp 17.707 per liter.

Setelah sebelumnya pada periode 15-30 September 2022 seharga Rp 18.130 per liter untuk penerbangan domestik. 

Ketua Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah menyebut harga tiket pesawat mulai turun meski belum signifikan.

"Kita turut senang harga tiket pesawat mulai turun. Anggota saya cek untuk akhir Oktober sudah ada tiket ke Jakarta Rp 800 ribuan. Sebelumnya kan masih di atas satu juta," kata Dede, Kamis, 6 Oktober 2022. 


"Tapi kita harapkan turun lagi, karena ini kan untuk kepentingan pemulihan ekonomi khususnya buat kawan-kawan travel agen di Riau," tambahnya

Dede menyebut sejak melonjaknya harga tiket, agen perjalanan di Riau kesulitan menjalankan bisnisnya, sebab harus menyesuaikan paket-paket perjalanan yang ditawarkan.

"Makanya kita minta tahan dulu harga tiket jangan naik, kalau bisa turun. Supaya travel agent daerah bisa bangkit lagi, semangat lagi untuk bersama meningkatkan perekonomian. Karena kalau tiket mahal gila-gilaan, tentunya berimbas ke anjlok kunjungan wisatawan ke Riau," tegasnya. 

Kendati demikian, Dede optimis kunjungan wisatawan ke Riau, khususnya Pekanbaru bisa meningkat. Apalagi dengan dibukanya  kembali penerbangan internasional dari Bandara SSK II Pekanbaru.

"Kita optimis jelang akhir tahun ini kunjungan turis asing ke Pekanbaru meningkat. Sebab sudah dibuka penerbangan ke Melaka dan Kuala Lumpur, Malaysia. Akhir Oktober juga Scoot disebut akan buka kembali penerbangan ke Singapura," pungkasnya.