Menteri BUMN Sebut China Sepakat Beli 1 Juta Ton Kelapa Sawit Indonesia

Tandan-Buah-Segar6.jpg
(infosawit.com)


RIAU ONLINE - Pemerintah China sepakat membeli satu juta ton produk kelapa sawit beserta produk pertanian lainnya dari Indonesia. Hal ini diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dalam keterangannya.

"Hal ini akan menjaga harga kelapa sawit Indonesia dan harga tandan buah segar para petani sawit. Pemerintah terus menjaga petani Indonesia dan pembukaan lapangan kerja," ujarnya, melansir Suara.com, Rabu, 27 Juli 2022.

Dikatakan Erick, Indonesia dan China merupakan mitra strategis lewat kerja sama yang saling menguntungkan di antar kedua negara.

Langkah pemerintah Indonesia menjalin hubungan dagang dengan China, menurutnya, merupakan komitmen konkret dalam memajukan produktivitas pertanian dan juga kesejahteraan para petani.


"Dengan kerja sama tersebut, Indonesia dapat meningkatkan kepastian serapan pasar produk hasil petani," kata Erick.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Indonesia dapat meniru keberhasilan China yang mampu mengoptimalkan sumber daya alam dan pasar yang besar untuk kemajuan negerinya.

Menurut Erick, Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan pasar besar harus mampu melakukan hal serupa dengan tujuan untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pembukaan lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.

"Seperti kita tahu, selama ini sumber daya alam dan market besar kita belum benar-benar optimal digunakan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, ini yang kita mau terus optimalkan," terang Erick.

Selain kerja sama perdagangan pada bidang pertanian, Indonesia juga telah menjalin kerja sama dalam sektor industri kendaraan listrik