Telkomsel Gelar 5G Experience di Ajang MotoGP 2022 Mandalika

telkomsel-experience.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam menghadirkan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi terdepan Hyper 5G, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, dan tambahan frekuensi 3500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Pada pengujian di lapangan kombinasi frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan penggelaran 5G menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz yang untuk sementara juga diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Pada pengujian di lapangan, frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan 5G lebih dari 5 Gbps.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika merupakan peluang besar bagi bangsa kita untuk menunjukkan berbagai potensi yang ada kepada dunia, karena perhelatan tersebut membuat Indonesia menjadi sorotan dunia.

"Untuk itu, kami menghadirkan showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ untuk menunjukkan bahwa Indonesia telah memiliki teknologi telekomunikasi terbaru yang mampu membuka peluang bagi lintas sektor industri untuk terus berinovasi. Melalui showcase tersebut, terdapat 6 jenis use cases yang kami hadirkan di antaranya Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device," ujar Nugroho, Jumat 18 Maret 2022.

Dijelaskan Nugroho, selain menikmati Telkomsel 5G Experience di area Commercial di kawasan kawasan Mandalika International Street Circuit selama gelaran MotoGP Mandalika berlangsung, pelanggan juga bisa merasakan keunggulan akses broadband di jaringan 5G Telkomsel dengan menjajal kecepatan akses menggunakan sejumlah smartphone 5G yang didukung sejumlah mitra device bundling Telkomsel seperti Apple, Oppo, Xiaomi, dan Vivo.

“Menghadirkan teknologi Hyper 5G di kawasan Mandalika bukan hanya menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mendukung perhelatan MotoGP di Indonesia, melainkan juga sebagai bentuk upaya kami dalam mengakselerasi transformasi digital lintas sektor industri untuk membangun iklim investasi yang positif bagi Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terdepan," jelasnya.


"Inisiatif ini merupakan wujud konsistensi Telkomsel dalam memperkuat ekosistem ekonomi digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan melalui perluasan implementasi pemanfaatan teknologi terdepan untuk berbagai lintas sektor industri di Indonesia, termasuk mendorong kebangkitan industri pariwisata lokal di Nusa Tenggara Barat," tambahnya.

Untuk diketahui, selama gelaran MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit, pengunjung dapat mencoba berbagai use cases teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel, seperti use case Humanoid Robot, di mana pengunjung dapat melihat langsung bagaimana sebuah robot yang didukung Hyper 5G Telkomsel memiliki kemampuan menyerupai manusia.

Teknologi ini memungkinkan robot untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti menyambut dan mengenali wajah tamu/pengunjung, menghibur pengunjung dengan melakukan aksi menari dan menampilkan gerakan tertentu yang menarik. Dengan keunggulannya, Humanoid Robot dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti hiburan, media, hingga retail.

Kemudian ada use case Cloud Gaming, yang menghadirkan secara langsung keseruan bermain game balap MotoGP yang dilakukan secara streaming. Dengan karakteristik throughput yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah, Hyper 5G Telkomsel memungkinkan siapa saja untuk dapat memainkan game secara online atau langsung dari server tanpa hambatan.

Hal tersebut akan membawa perubahan baru di sektor gaming, di mana setiap orang tidak perlu lagi melakukan instalasi game serta tidak harus memiliki perangkat dengan spesifikasi high-end untuk bisa memainkan game dengan grafis tinggi, melainkan cukup dengan mengandalkan Hyper 5G Telkomsel maka setiap game dapat dimainkan di perangkat apa pun selama dapaAt menunjang jaringan 5G.

Teknologi 5G juga memungkinkan untuk meningkatkan fungsi dari drone. Jaringan Hyper 5G bukan hanya memiliki karakteristik latensi rendah, melainkan juga kemampuan dalam menyediakan koneksi antar perangkat sensor dan alat komunikasi yang masif, sehingga memungkinkan siapapun dalam memanfaatkan drone untuk berbagai hal, termasuk kebutuhan industri.

Pemanfaatan tersebut meliputi pengawasan secara real-time, melakukan pengamatan di tempat yang sulit dijangkau, hingga untuk kebutuhan penyelamatan dan pemantauan di situasi darurat. Keunggulan itulah yang ditawarkan melalui use case 5G Drone, dimana pengunjung dapat melihat sebuah video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance.

Teknologi telekomunikasi generasi kelima ini juga meningkatkan pengalaman dalam menggunakan virtual reality (VR) untuk beragam kebutuhan. Salah satunya ditampilkan pada use case Virtual Reality, yang memungkinkan para pengunjung untuk mencoba menggunakan teknologi tersebut untuk berbagai hal, seperti bermain game online, menggelar rapat, simulasi training dan kolaborasi jarak jauh, hingga menikmati destinasi wisata dan keindahan alam di Labuan Bajo secara virtual.

Selain VR, Telkomsel turut menghadirkan pemanfaatan Hyper 5G dalam penerapan teknologi Augmented Reality (AR) melalui use case AR Industrial Work Instruction. Melalui use case tersebut, Telkomsel ingin menunjukkan bagaimana teknologi 5G Telkomsel dapat mendukung penerapan AR di sektor industri, seperti aktivitas inspeksi maupun instruksi jarak jauh untuk keperluan pelatihan hingga perawatan dan perbaikan mesin di industri otomotif. Pada kesempatan ini, pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman penggunaan AR untuk keperluan perbaikan mesin sepeda motor secara virtual yang dilengkapi dengan instruksi secara real-time.

Terakhir, pada uses case 5G mmWave-Device, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei dan Qualcomm menunjukkan bagaimana jaringan Hyper 5G Telkomsel sudah dapat mendukung optimalisasi berbagai perangkat mobile seperti laptop, smartphone, hingga modem dan router yang menggunakan frekuensi mmWave 26 GHz untuk menghadirkan akses kecepatan tinggi sehingga dapat memberikan 5G experience yang lebih maksimal. Pada use case tersebut, pengunjung dapat mengetahui langsung keunggulan Hyper 5G melalui uji kecepatan, bermain game online, hingga streaming video 4K tanpa lag maupun buffering.