HOPE, Perusahaan Karoseri Terkemuka Melantai di Bursa Saham Pekan Depan

Karoseri-Truk-Merek-HOPE.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - PT Harapan Duta Pertiwi Tbk mengambil langkah bersejarah dengan mencatatkan saham secara resmi di Bursa Efek Indonesia akan pekan depan, 24 Mei 2021.

Perusahaan tersebut saat melantai pekan depan menggunakan kode saham HOPE. Dalam rangka proses IPO ini, PT Harapan Duta Pertiwi Tbk telah menunjuk PT Danatama Makmur Sekuritas dan PT Yuanta Sekuritas Indonesia sebagai lead underwriter atau penjamin pelaksana emisi efek.

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk sendiri merupakan perusahaan bergerak di bidang pembuatan karoseri dengan berbagai macam lini produk.

Di antaranya dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) & bahan bakar minyak (BBM), tangki hi-blow, cement mixer, wing box dan box besi untuk transporter logistik, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

Antusiasme yang tinggi dari masyarakat terlihat pada Penawaran Umum Saham dilakukan 11-18 Mei 2021. Penawaran Umum tersebut terjadi oversubscribed lebih dari 100x.

Adapun jumlah lembar saham yang ditawarkan ke publik adalah sebanyak 851.667.000 lembar saham atau sekitar 40 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga per lembar saham Rp 118. Dana yang terkumpul dari Penawaran Umum ini diprediksi senilai Rp 100.496.706.000. Dana tersebut akan digunakan PT Harapan Duta Pertiwi Tbk, untuk modal kerja.


Bentuknya seperti pembelian bahan baku pembuatan bagian atau karoseri kendaraan bermotor, peningkatan fasilitas pabrik dan penunjangnya seperti sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas di pabrik.

Sarana penunjang tersebut seperti instalasi hoist crane, perbaikan area lantai pabrik dengan semen dan aspal, penutupan atap area pabrik yang masih terbuka, peningkatan ventilasi, serta pembelian mesin produksi.

Selain itu, sebagai tambahan bagi masyarakat yang memutuskan untuk berinvestasi dalam Penawaran Umum Perdana Saham, PT Harapan Duta Pertiwi Tbk juga menerbitkan waran sebanyak 425.833.500 waran Seri I.

Sehingga rasio dari waran yang diterbitkan adalah 2 pemegang saham baru akan mendapatkan 1 waran Seri I. Adapun dana didapatkan dari pelaksanaan waran tersebut rencananya akan digunakan untuk modal kerja.

“IPO ini akan membawa kami ke babak baru dalam industri karoseri di Indonesia dengan melalui struktur permodalan yang bertambah kuat dengan dukungan publik," jelas Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk, Kevin Jong, Kamis, 20 Mei 2021.

Ia menjelaskan, perusahaan memiliki komitmen untuk dapat menjadi perusahaan bernilai tinggi dalam industri karoseri di Indonesia. Caranya dengan memenuhi berbagai macam kebutuhan dari pelanggan, guna mendukung pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Kevin Jong menjelaskan, terdapat beberapa strategic partner sudah mengutarakan minatnya berinvestasi di PT Harapan Duta Pertiwi Tbk.

Satu di antaranya Adrianus Eka Putra, pemilik PT Bengawan Karya Sakti atau lebih dikenal dengan nama karoseri “Beng”.

“Dengan bergabungnya Adrianus Eka Putra, kami harapkan bisa membawa dampak positif, khususnya di bagian penjualan," harapnya.

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk akan terus mengembangkan usaha serta meningkatkan performa perusahaan di masa yang akan datang. Hal tersebut diharapkan dapat tercapai dengan terus menjaga kualitas produk, ketepatan spesifikasi dan waktu serta pelayanan purna jual yang baik.