Mirip Banget Vario, Sepeda Motor Ini Dibanderol Cuma Rp 4 Jutaan

Motor-Xcross-Happy-125.jpg
(Chongqing Xcross)

RIAU ONLINE, BEIJING-ChongqingXcross, produsen otomotif asal China, meluncurkan Happy 125. Sepeda motor yang mirip dengan Vario punya harga yang sangat murah. Antara Happy 125 dan Honda Vario 125, sekilas hampir tak ada bedanya. Mulai dari tampilan depan, di mana desain headlamp-nya terpisah menjadi dua dengan, sudut runcing pada bagian depan. Desain spakbor dan tarikan sayapnya juga tak ada perbedaan.

Sementara konsol dek bagian tengah hingga bodi belakang juga mengadopsi bahasa desain yang sama dengan Honda Vario. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, ada satu bagian yang sedikit berbeda yakni desain dan model kaca sepion-nya. 

Jika dari tampilan tak nampak diferensiasinya, namun urusan tenaga yang dihasilkan Happy 125 kalah telak dengan Honda Vario yang punya kubikasi mesin yang sama. Happy 125 dibekali mesin 125 cc, berpendingin cairan yang diklaim mampu hempaskan tenaga maksimal 7,5 daya kuda dan torsi 7,2 Nm. 


Sementara Honda Vario mengemas mesin 125 cc dengan menjanjikan tenaga maksimal 11,1 daya kuda dan torsi puncak 10,8 Nm. 

Bicara harga, Happy 125 yang dijual di e-commerce berbanderol 300 sampai 600 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 4,5 sampai 8,9 juta. 

Sengaja membandingkan dengan harga baru Honda Vario model lawas saat itu di Rp 17 jutaan, artinya ada selisih hampir 2 kali lipat untuk model termahal Happy 125. Bagaimana menurut Anda? Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com