Sama-sama Jagoan dan Harganya Beti, Pilih Rush atau XL?

Tampilan-depan-Suzuki-XL7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Suzuki XL7, yang dalam waktu dekat akan resmi diluncurkan.


Modelnya gado-gado Low MPV Ertiga yang kemudian dirombak memiliki tampilan crossover. Persis seperti Xpander Cross yang dibangun dari model regulernya.

Tapi lawan XL7 nantinya bukan cuma Xpander Cross. Toyota Rush juga pantas untuk diadu. Apalagi berdasarkan bocoran harga, beberapa varian XL7 hampir serupa dengan Rush.


Khusus kasta tertingginya, kedua mobil punya selisih Rp 6 jutaan, di mana Suzuki XL7 Alpha bernilai Rp 267 sedangkan Toyota Rush TRD Sportivo Rp 273,050 juta.


Memang belum resmi harga si XL7 itu, tapi tidak ada salahnya kalau kita komparasikan. Utamanya bagi Anda yang sedang bingung pilih Low SUV sejuta umat, atau Low MPV baru dengan tampilan SUV.


Tampilan sama-sama berkarakter
Dari wajah, dua-duanya punya lampu utama LED. Tapi khusus XL7 punya rona daytime running light (DRL), sementara Rush sebenarnya juga ada garis LED. Namun bertindak sebagai lampu senja, yang harus dinyalakan secara manual.

Kemudian urusan adu 'jantan', keduanya sama-sama unggul, karena lengkap dengan bumper yang ditambahkan underguard, roof rail dan over fender hitam. Masih daerah bawah, mobil juga lengkap pakai velg dua warna berukuran 16 inci.


Hanya saja XL7 menarik perhatian karena pada trim ini dia punya dua warna eksterior. Seperti Ignis, warna atap dan body yang berbeda.
Oke lanjut tampilan belakang, jujur keduanya punya desain yang agresif menurut kami. Lampu rem sudah LED, ada spoiler, dan bumper yang mempertegas karakter petualang si mobil.


Unsur pemanja sama-sama banyak
Langsung ke interior dan fitur pemanja. Dua mobil ini setidaknya sudah dilengkapi sentuhan modern. Sebut saja kunci keyless, AC digital, head unit layar sentuh (7 inci Rush dan 8 inci XL7), setir dengan tombol audio, tweeter, dan power outlet tiap baris.
Namun ada tambahan spion tengah dengan sebutan Smart e-Mirror pada XL7, yang tampaknya terhubung dengan kamera.

Toyota Rush unggul fitur keselamatan
Sementara dari fitur keselamatan, tampaknya Rush mampu mengungguli XL7. Ya, dari data teknis, mobil yang dirilis akhir 2017 itu punya kelengkapan:
Toyota Rush
Toyota Rush Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
-Rem Anti-lock Braking System (ABS)
-Electronic Brake-force Distribution (EBD)
-Airbags 6 titik
-Hill Start Asssist
-Emergency Brake Signal (EBS)
-Seatbelt Reminder 7 titik
-Jok ISOFIX
-Kamera mundur

Sedangkan sang penantang baru, masih dari bocorannya khusus tipe tertingginya sudah disematkan piranti keselamatan:
-Rem Anti-lock Braking System (ABS)
-Electronic Brake-force Distribution (EBD)
-Airbags 2 titik
-Hill Hold Control
-Electronic Stability Program
-Jok ISOFIX
-Kamera mundur

XL7 mungkin lebih bertenaga
Kenapa mungkin? Karena bocoran detail spesifikasi mesin Suzuki XL7 belum menyeruak. Apabila masih menggunakan basis yang sama seperti Ertiga, K15B, maka boleh dibilang di atas kertas XL7 juaranya.


Mesin berkubikasi 1.462 cc-nya itu punya output 103 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm di 4.400 rpm.
Adapun pada Toyota Rush, tersematkan mesin 2NR-VE 1.496 cc yang menjanjikan 102 dk di 6.000 rpm, juga torsi maksimum 136 Nm di putaran 4.200 rpm.


Well, dapat disimpulkan sedikit rumit membandingkannya. Baik Suzuki XL7 maupun Toyota Rush punya keunggulannya masing-masing. Terlebih Rush juga menang atas ground clearance 220 mm, sementara XL7 kemungkinan tidak akan lebih tinggi darinya, bila dibandingkan Ertiga yang punya jarak 180 mm.


Namun bila Anda lebih mementingkan unsur kebaruan, sekaligus mengidamkan model MPV tapi punya kemampuan jelajah yang lebih baik, maka XL7 bisa masuk daftar pertimbangan.

Aartikel ini sudah tebrit di Kumparan.com