Alfamart Ajak Ibu-Ibu Olah Sampah Plastik Jadi Produk Bernilai

Alfamart.jpg
(Istimewa/ Alfamart)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruang pertemuan lantai dua toko Alfamart Tabek Gadang, Tampan Pekanbaru baru saja dibuat untuk melatih dan mengolah sampah menjadi produk bernilai ekonomi.

Kegiatan ini melibatkan lima puluh peserta dari para ibu-ibu yang berdomisili di sekitar toko.

Para peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengurangi kantong plastik dan cara memilah sampah rumah tangga.

Salah satu peserta bahkan tidak menyangka jika sampah yang selalu dibuangnya ternyata bisa dimanfaatkan menjadi barang berguna.


"Ternyata sampah bisa dimanfaatkan menjadi barang yang punya nilai dan bisa dijual," sebut salah satu peserta Yunita melalui rilis, Kamis, 4 April 2019.

Sementara Komunitas Pemerhati Lingkungan Pekanbaru, P. Teguh mengatakan sampah plastik tak hanya dapat dijadika berbagai macam cendera mata bernilai ekonomis, juga dapat mengurangi volume sampah.

“Bekas botol minuman bisa menjadi barang souvenir. memanfaatkan sampah rumah tangga selain bisa menjadikan lingkungan lebih nyaman dan mengurangi volume sampah, jika didaur ulang akan menjadi barang yang bernilai ekonomi," sebutnya.

Sementara itu, Branch Manager Alfamart, Bambang Eko Budiyanto mengatakan kampanye diet kantong plastik dan pengurangan sampah rumah tangga serta pelatihan pemberdayaan masyarakat ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar toko Alfamart.

Dengan harapan, masyarakat bisa peduli dan memelihara lingkungan tempat tinggalnya agar lebih nyaman.

Selain itu juga kegiatan daur ulang ini merupakan upaya Alfamart dalam menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.

"Semoga pelatihan ini menjadikan ibu-ibu rumah tangga bisa memahami terkait pengurangan sampah plastik dan pengelolaan sampah rumah tangga serta lebih kreatif untuk menjadi wirausaha," jelasnya