Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Berzakat dengan Program Edukasi Zakat

Edukasi-zakat-laznas.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam menjalankan tugas sebagai pengumpul zakat, infaq dan sadaqoh dari masyarakat, Lembaga Amil Zakat Karyawan Muslim Chevron Indonesia (LAZNas Chevron) cabang Rumbai melakukan edukasi zakat kepada masyarakat sekitaran Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Edukasi Zakat merupakan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjalankan kewajiban berzakat, serta menggalakkan kebiasaan berinfak dan bersadaqoh.

Di hadapan puluhan jamaah majelis taklim Masjid Al Kautsar Kelurahan Lembah Sari, tim dari LAZNas Chevron Rumbai bekerjasama dengan IKADI Rumbai dan Rumbai Pesisir mengedukasi jamaah majelis taklim tentang kewajiban berzakat.


Zakat adalah kewajiban umat Islam yang terdapat dalam rukun Islam ke-4, Maka sudah menjadi kewajiban bagi muslim untuk mengeluarkan 2.5% hartanya untuk orang lain. Keberadaan dana zakat memberikan dampak yang besar bagi kaum dhuafa yang sering tidak bisa mengakses fasilitas kesehatan, pendidikan dan sosial ekonomi. Dengan adanya kesadaran masyarakat membayar zakat, akan mendorong kaum dhuafa mendapatkan fasilitas kesehatan, pendidikan dan sosial ekonomi.

"Kita seharusnya bangga bisa membantu kaum duafa dengan menyisakan 2,5% dari harta yang kita miliki dan disalurkan bagi masyarakat yang kurang beruntung," terang Agung Ramadhan, Lc ketika memaparkan materi tentang zakat.

Semoga dengan adanya edukasi zakat ini partisipasi masyarakat berzakat kian tumbuh dan harta yang dizakatkan semakin tumbuh berkembang tambah Agung Ramadhan, Lc di akhir materi.