Wow, Bank Riau Kepri Nomor 2 Nasional, Singkirkan Bank DKI, BJB, dan Nagari

Bank-Riau-Kepri-Nomor-2-Nasional.jpg
(HUMAS BANK RIAU KEPRI FOR RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, JAKARTA - "Alhamdulillah, Bank Riau Kepri kini nomor 2 nasional, mengalahkan BPD besar lainnya, seperti Bank Jatim, Jateng, Sumut, DKI dan Nagari," 

Kalimat puji syukur dan bahagia terucap langsung dari bibir Direktur Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK), Irvandi Gustari, saat bank ia pimpin sejak 2015 ini mengalahkan bank-bank pembangunan daerah kawakan lainnya dalam kategori service pada lima kategori, antara lain Customer Service, Teller, Satpam, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Telepon dan Banking Hall.

Pencapaian kinerja dan lompatan-lompatan dilakukan BRK tersebut berdasarkan evaluasi yang dilakukan Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) terhadap rangking BPD seluruh Indonesia.

Baca Juga: Berdempet-Dempetan di Speed Boat, Bank Riau Kepri Intip Peluang Bisnis di Pulau Terluar

"Dari lima kategori tersebut untuk 2017, BRK meraih peringkat 2 nasional. Tahun 2016 lalu, BRK meraih loncatan luar biasa, dari ranking 8 nasional meloncat ke 3 nasional," kata Irvandi Gustari kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 28 April 2017, melalui saluran telepon.

Dirut Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari

Saat dihubungi, Irvandi tak terhitung mengucapkan Alhamdulillah atas pencapaian yang telah dilakukan seluruh karyawan, direksi, komisaris hingga para pihak lainnya, termasuk pelanggan, nasabah. 

Ia menjelaskan, dengan meraih ranking 2 nasional, BRK sudah mengalahkan posisi BPD besar lainnya, seperti Bank Jatim (8), Bank Jateng (7), BJB (tidak termasuk dalam kelompok 12), Bank Sumut (11) dan Bank DKI (5). 

"Perbaikan demi perbaikan berkesinambungan terus dilakukan BRK, termasuk perbaikan dari sisi pengembangan potensi Sumber Daya Manusia (SDM), berhubungan langsung dengan service maupun perbaikan dan penyempurnaan dari sisi infrastruktur, termasuk teknologi dan system prosedur," jelas anak Wali Kota Pekanbaru 1981-1986, Ibrahim Arsjad-Prof Hj Aswarni Adam, SH ini. 

Penilaian MRI, tuturnya, dilakukan dengan menggunakan metode mistery shopper untuk menilai berbagai layanan bank antara lain customer service, teller, security, layanan internet banking, dan mobile banking. 

Mistery shopper merupakan sebuah metode untuk mengukur kualitas proses service delivery melalui customer experience. Seorang Shopper bertindak sebagai nasabah dan bertransaksi melalui berbagai transaksi, seperti membuka tabungan, meminta informasi mengenai produk-produk bank, melakukan berbagai transaksi financial, melakukan komplain mengenai transaksinya, menelepon Customer Service untuk menanyakan suatu transaksi.

Klik Juga: Pembukaan Kantor Bank Riau Kepri Cabang Jakarta Jadi Kado Istimewa Di HUT Ke-51

Dalam setiap kunjungan, kata Irvandi, Shopper mengamati dan mengingat layanan diberikan oleh Front line seperti Satpam, Customer Service, Teller dan layanan telepon oleh Cabang.

Disamping itu, jelas penyandang doktor bidang SDM, penelitian ini melibatkan pengamat pada sarana penunjang layanan, antara lain kondisi gedung, penyediaan berbagai fasilitas dan kondisinya seperti toilet, Mesin ATM dan lain-lain.

Dirut BRK Irvandi Gustari

"Ini prestasi, meraih ranking 2 nasional. Ini merupakan kinerja kolektif bersama dari semua jajaran di BRK, mulai pemegang saham selalau komit mengembangkan BRK, komisaris, direksi, pemimpin divisi beserta staf, pemimpin cabang dan jaringannya serta dukungan penuh dari para pemangku kepentingan lainnya termasuk insan media," tuturnya merendah. 

Tak hanya itu, Irvandi juga mengatakan, kinerja ini merupakan sikap keterbukaan BRK untuk siap selalu menerima kritik dan masukan atas perbaikan diinginkn masyarakat. Sehingga terwujud harapan diinginkan berkaitan dengan service excellence.

Walau demikian, Irvandi mengakui masih banyak pembenahan kini masi berproses sehingga prestasi telah diraih tidak perlu digadang-gadangkan, namun dijadikan pemicu menuju kesempurnaan.

"Paling penting lagi sikap kebersamaan dan kekompakan harus selalu jadi modal utama menjadikan BRK masuk dalam jajaran bank nasional yang bergengsi," pungkasnya mengajak. 

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline