Harga Gas 3 Kg Naik Rp 2.000 Per Tabung

Laporan : Saan

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru bakal menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 2.000 untuk gas LPG 3 Kg dari Rp 16.000 menjadi Rp 18.000 dan berlaku mulai Jumat (23/10/2015).  

 

"Harga sekarang Rp 16.000, kemungkinan akan naik menjadi Rp 18.000," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, Kamis (22/10/2015). (Baca Juga: 1 Agustus Gas 3Kg Naik?

 

Mas Irba menjelaskan, kenaikan ini hanya tinggal menunggu rapat antara Disperindag, Pangkalan gas 3 Kg dan Pertamina. Jika sudah ditandatangani akan segera diumumkan.

 


"Jumat mendatang jika sudah ditandatangani akan kita umumkan. Di Kota Pekanbaru ada sekitar lima ratus Pangkalan LPG bersubsidi," kata Mas Irba. (Lihat Juga: Gas 3 Kg Banyak Dipakai Pedagang Makanan

 

Sebelumnya, akhi8r Juli 2015 lalu, kenaikan harga Gas 3 Kg belum ada keputusan akhirnya. Padahal, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, sejak 23 Juni 2015 silam, telah menandatangani Surat Keputusan Kenaikan harga gas melon itu. 

 

"Berapa angka pasti mengenai kenaikan ini belum bisa dipastikan, karena harga BBM dikabarkan akan kembali naik. Kenaikan BBM ini juga mempengaruhi naiknya harga elpiji," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, Jumat (24/7/2015), kepada RIAUONLINE.CO.ID. 

 

Penyusunan Harga Eceran Tertinggi (HET) masih dalam masa pembahasan baik itu di kabupaten maupun kota. Kenaikan harga jual eceran ini diperkirakan untuk kenaikan ongkos angkut Rp 1.300, operasional agen lebih kurang Rp 300, hingga total kenaikan harga elpiji Rp 1.600. 

 

"Ini kenaikan untuk harga jual, tetapi untuk harga penjualan kepada masyarakat akan diserahkan kepada masing-masing kabupaten/kota," tutur Irba.

 

Jika nanti harga elpiji ini naik, kata Irba, akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, diantaranya kepada minimal 12 agen dan memberi surat pemberitahuan bahwa ada kenaikan harga elpiji kepada camat serta lurah.