Dua Tahun Berturut-turut, Bengkalis di Tengah Ancaman Karhutla

karhutla-bengkalis.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau seakan tak pernah usai, terutama saat memasuki musim kemarau. Selain Kabupaten Pelalawan, Kampar, dan Kota Dumai, karhutla juga mengancam Bengkalis.

Sudah dua tahun berturut-turut karhutla menghanguskan lahan di Desa Bukit Batu, Mempawah, Kabupaten Bengkalis. Karhutla kembali terpantau di wilayah tersebut pada Selasa, 26 Maret 2024.

Dari foto yang diterima RIAU ONLINE, Rabu, 27 Maret 2024, kepulan asap tebal terlihat, yang diduga berasal dari karhutla di Desa Bukit Batu, Bengkalis.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, mengatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan dalam perkara ini.


"Sedang penyelidikan," singkat Bimo.

Sebelumnya pada 2023 lalu, karhutla menghanguskan lahan di RT 09/RW 03, Dusun Kembang Lada, Desa Bukit Batu, Kecamatan Sungai Kunyit, tepatnya pada Minggu 3 September 2023.

Saat itu pemadaman sulit dilakukan lantaran minimnya sumber air dari parit dan jarak lokasi karhutla dari sumber air juga cukup jauh.

“Luas kebakaran sampai hari ini kurang lebih 6 hektare dan luas yang telah dipadamkan mencapai 3,5 hektare dengan kondisi vegetasi semak belukar dan tegakan pohon serta jenis tanah gambut, jarak kebakaran dengan pemukiman penduduk 300 meter,” kata Ketua Satgas Informasi BPBD Kalbar, Daniel.

Selain BPBD Mempawah, pemadaman karhutla ketika itu juga dibantu TNI, Polri, UPT KPH, Satgas PT BAI, masyarakat dan Manggala Agni