Perhatikan Hal Ini Selama Bayi Ada di Pesawat Terbang

Bayi-di-pesawat.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Secara umum, tidak ada larangan bayi bepergian dengan pesawat terbang. Namun, perlu diperhatikan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan selama Anda membawa bayi Anda di dalam pesawat.

 


Aturan-aturan itu harus diperhatikan agar Anda maupun bayi merasa nyaman. Berikut penjelasan lengkapnya sebagaimana dirilis dari klikdokter.com :

 

* Bayi dan anak yang berusia kurang dari dua tahun diizinkan duduk di pangkuan dewasa selama perjalanan udara. Akan tetapi, American Academy of Pediatrics menyarankan bahwa sebaiknya bayi didudukkan sendiri dalam baby chair (kursi khusus) yang diikatkan pada kursi pesawat.

 

* Pastikan bayi mendapatkan cairan cukup selama perjalanan. Bawa penutup untuk menyusui bayi di pesawat. Bila bayi sudah mulai makan, beri camilan ringan bebas lemak untuk menghindarinya mual selama perjalanan. Hindari pula memberikan makanan berlebih karena akan memicu mual dan muntah selama perjalanan.

 

* Hindari penggunaan gadget selama perjalanan. Mata yang terfokus pada obyek dengan jarak dekat akan memicu mual, apalagi saat pesawat mengalami turbulensi.


 

BACA JUGA : Berapa Usia Minimal Bayi Biar Aman Naik Pesawat Terbang?

 

* Untuk mengurangi nyeri telinga selama lepas landas dan mendarat, usahakan bayi selalu mengisap selama dua proses tersebut. Telinga bagian luar dan tengah terpisah oleh sebuah selaput tipis bernama membran timpani. Perubahan tekanan udara akan mempengaruhi membran ini dan membuat tidak nyaman pada satu dari tiga orang.

 

Aktivitas menelan saat menyusu atau mengunyah dapat mengurangi ketidaknyamanan di telinga.

 

* Biasakan cuci tangan sebelum menyentuh bayi atau menyiapkan peralatan bayi guna menghindari infeksi kuman-kuman yang ada di pesawat kepada bayi.

 

* Di pesawat, tingkat kebisingan sebenarnya cukup tinggi yaitu berkisar 60-100 desibel. Penggunaan ear plug (penutup telinga) dapat membantu bayi tetap tenang dan rileks selama penerbangan.

 

* Bila perjalanan yang dilakukan cukup panjang, pastikan mengganti popok bayi secara rutin agar ia tetap nyaman dan terhindar dari risiko infeksi.

 

* Sekalipun segala persiapan dan anjuran sudah dilakukan, beberapa bayi masih mengalami berbagai ketidaknyamanan dan cenderung rewel selama penerbangan. Tenangkan diri Anda, minta bantuan awak kabin untuk memenuhi kebutuhan Anda. Nyanyian lembut atau belaian terkadang mampu menenangkannya. Yang paling penting, jagalah juga kesehatan Anda agar dapat menikmati perjalanan bersama buah hati dengan lancar dan menyenangkan.