5 Tempat Wisata Paling Hits di Riau, Cocok Buat Liburan saat Lebaran

Kawah-biru-di-siak-hulu.jpg
(pku.co.id/kawah-biru)

RIAU ONLINE - Berkunjung ke tempat wisata saat Hari Raya Idul Fitri menjadi suatu keharusan bagi kebanyakan masyarakat Provinsi Riau, terutama bagi mereka yang tidak mudik ke kampung halaman.

Meski tidak bisa menikmati lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman, masyarakat Riau Pekanbaru dapat mengisi lebaran berwisata. Ada banyak destinasi wisata di Bumi Lancang Kuning yang dapat dikunjungi saat lebaran.

RIAU ONLINE telah merangkum 5 destinasi wisata yang lagi hits di Riau. Apa saja?

1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus menjadi satu dari destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Kampar ini merupakan candi Budha dan menjadi satu-satunya yang bersejarah di Riau.

Situs bersejarah ini dikelilingi tembok terbuat dari batu putih. Di bagian luar candi, terdapat pula tembok yang mengelilingi kompleks ini hingga ke tepi kanan Sungai Kampar.

2. Ulu Kasok

Masih di Kabupaten Kampar, kamu bisa berkunjung dan menikmati keindahan pemandangan Ulu Kasok layaknya Raja Ampat. Di sini, kamu akan menemukan pulau-pulau kecil yang dikelilingi danau.


Dari kejauhan, Ulu Kasok memang sangat mirip dengan Raja Ampat yang tersohor di dunia. Di sini kamu bisa berswafoto dengan pemandangan lanskap mirip Raja Ampat. Kamu juga bisa menyewa speedboat jika ingin berkeliling danau sembari melihat pulau-pulau kecil dari dekat.

3. Desa Wisata Okura

Bagi warga Pekanbaru, Desa wisata Okura yang berada di Jalan Raja Panjang Okura, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru.

Objek wisata ini dilewati alirang Sungai Siak yang sering kali menjadi tempat untuk memancing bagi para wisatawan. Desa wisata Okura juga menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan pepohonan dan bunga berwarna warni.

Kamu juga dapat bersampan menyusuri sungai, bersepeda di antara rimbunnya pohon sagu, hingga berkuda dan mencoba olahraga memanah.

4. Kawah Biru

Kawah Biru bisa jadi destinasi wisata berikutnya. Objek wisata hits di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar ini menawarkan pemandangan yang unik dan instagramable.

Kawah Biru sebelumnya lokasi bekas galian yang dipenuhi air hujan hingga membentuk kawah. Sedangkan warna biru pada kawah tersebut disebabkan galian pasir yang berwarna putih bening sehingga membuat warna biru dari air yang memenuhi kawah tampak biru dan jernih.

Kendati begitu, warga biru di kawah ini sangat cantik sehingga cocok jadi destinasi wisata favorit masyarakat Riau.

5. Skywalk Tengku Buwang Asmara

Satu lagi destinasi menarik di Bumi Lancang Kuning, Skywalk Tengku Buwang Asmara. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

Objek wisata yang baru saja diresmikan pada 16 Februari 2023 ini menawarkan sensasi berjalan di jembatan kaca yang dibangun dengan pemandangan Sungai Jantan Mahratu Siak.

Saat menyeberangi Mempura Skywalk berlantaikan kaca tembus pandang kamu akan merasakan sensasi seolah berjalan di atas air Sungai Siak.