Butuh Liburan? Ini 4 Wisata Alam Riau yang Bisa Kamu Kunjungi

Dermaga-Tepian-Mahligai.jpg
(Atourin.com)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jika kamu singgah ke Riau, ada banyak tempat indah yang bisa kamu kunjungi. Selain sebagai salah satu yang masuk jajaran provinsi terkaya di Indonesia, Riau juga memiliki sejuta panorama keindahan alamnya.

Menikmati keindahan alam Riau bisa menjadi alternatif untuk sekedar melepas penat setelah disibukkan dengan pekerjaan kantor.

Banyak tempat dan desa wisata di Riau yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berlibur di akhir pekan bersama keluarga.

Berikut ini Riauonline.co.id suguhkan beberapa destinasi desa wisata di Riau terbaik dan terpopuler yang patut kamu kunjungi:

1. Dermaga Tepian Mahligai – Desa Wisata Pulau Gadang – Wisata Sungai

Dahulu, danau ini merupakan Sungai Kampar. Diakibatkan proyek pembangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, Danau ini dimanfaatkan oleh warga dan kelompok sebagai destinasi wisata desa yang tak kalah indah.

Yakni, destinasi wisata desa dengan nama Dermaga Tepian Mahligai Pokdarwis Kampung Danau Koto Panjang. Dermaga Tepian Mahligai saat ini dikelola oleh unit pariwisata Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Koto Panjang Sepakat di Desa Pulau Gadang.

Selain fasilitas kolam renang, adapula aula, gazebo, alat transportasi, sampan, dan banana boat. Dermaga Tepian Mahligai juga menawarkan beberapa view yang bisa dijadikan spot foto menarik bagi kamu pecinta selfie.


Desa Wisata Dermaga Tepian Mahligai ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB pagi sampai 16.00 WIB sore. Wisata alam Dermaga Tepian Mahligai terletak di pinggir danau Jalan Lintas Sumbar-Riau, tepatnya di Desa Pulau Gadang Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar ,Provinsi Riau.

2. Sugili Hill 812 Mdpl – Desa Wisata Aliantar – Wisata Gunung

Sugili Hill merupakan wisata alam yang terletak di Desa Aliantar Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Wisata alam ini berada di ketinggian 812 Mdpl yang menyuguhkan pemandangan samudera dari atas awan.

Saat ini, wisata Desa Sugili Hill dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang bernama Caretaker dan juga pernah mendapat juara 1 Anugerah Pesona Indonesia (ANP) dataran tinggi terpopuler.

Adapun fasilitas yang disediakan, antara lain homestay, villa, kamar mandi, rumah makan dan lain sebagainya.

3. Taman Desa Sibuak – Desa Wisata Sibuak – Wisata Agrowisata

Taman Desa Sibuak merupakan tempat atau wadah untuk masyarakat Desa Sibuak melakukan berbagai kegiatan dan menyalurkan kreatifitas, serta menjadi tempat untuk bersantai bersama keluarga.

Taman Desa Sibuak dibuka setiap hari, dengan jam operasional buka mulai pukul 08:00 WIB - 22:30 WIB. Wisata ini menawarkan beberapa fasilitas untuk dapat dinikmati pengunjung, yakni taman bermain anak, pojok baca, gazebo, WC umum, masjid, food court, spot foto dan lainnya.

4. Danau Tanjung Putus – Desa Wisata Buluh Cina – Wisata Edukasi

Desa Buluh Cina merupakan salah satu desa wisata hutan yang cukup terkenal di Riau. Popularitas tempat wisata hutan Desa Buluh Cina ini terkenal hingga ke beberapa negara tetangga Indonesia.

Hal ini disebabkan karena di desa tersebut terdapat berbagai tempat-tempat wisata alam yang menarik, seperti beberapa danau yang indah, hutan-hutan yang masih asri, serta aneka flora dan fauna yang cukup beragam di dalamnya.

Desa Wisata Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar merupakan pilihan tepat untuk menikamati keindahan alam di Riau.

Untuk sampai ke desa ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 36,5 km atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Kota Pekanbaru.

Akses lokasi bisa dilalui dengan melewati Jalan Kaharuddin Nasution, lalu menuju Simpang Tiga Pandau, dan masuk ke Jalan Pasir Putih.

Saat sampai ditujuan, pengunjung akan disuguhkan pesona alam dengan pepohonan dan juga sungai, yang disambut keramahan dari penduduknya.