Aktual, Independen dan Terpercaya


Dua Tahun Lagi, Akses ke Muara Takus Makin Gampang

Candi-Muara-Takus.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beberapa tahun ke depan, Candi Muara Takus diperkirakan semakin mudah diakses. Karena, mulai tahun ini, Dinas Bina Marga Provinsi Riau akan memulai pembangunan jalan menuju lokasi wisata yang berada di Kecamatan XIII Koto Kampar itu.

 


Kepala Dinas PU dan Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Tamun menuturkan, pengaspalan tahun ini dilakukan sepanjang 5 kilometer. Proyek itu memakan anggaran sebesar Rp25 miliar.

 

"Anggaran keseluruhannya itu Rp 45 miliar. Tahun ini akan dikerjakan 5 kilometer dulu dengan anggaran sebesar Rp25 miliar. Tahun 2017 mendatang baru menyusul Rp20 miliar lagi," tutur Syafril Tamun kepada wartawan, Selasa (29/3/2016).

 

Pengerjaan jalan ini pun akan dimulai dengan pelebaran jalan ke Candi Muara Takus untuk mempermudah akses wisatawan menjangkau lokasi wisata. Sebelumnya, pelebaran jalan diusulkan untuk dibuat dua jalur. Namun setelah dipertimbangkan usulan tersebut dibatalkan.

 

BACA JUGA : Honorer Pemprov Belum Gajian 3 Bulan, Sekda Tak Tahu Sebabnya

 

"Mubazir sekali kalau dibuat dua jalur, karena disana kan jalanannya sepi. Jadi kita buat satu jalur saja tapi kita lebarkan jalannya. Yang penting aksesnya kita bangun bagus," tegasnya.

 

KLIK JUGA : Sandera 10 Awak Kapal Indonesia, Abu Sayyaf Minta Tebusan

 

Rencananya, Pemprov Riau akan membangun jalur penghubung ke wisata Candi Muara Takus sepanjang 18 kilometer dengan lebar jalan 7 meter. Masa pengerjaannya diprediksi memakan waktu selama dua tahun.