Tingkatkan Ketahanan Pangan, Polres Meranti Ajak Warga Beternak Lele

ternak-lele.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, MERANTI - Mendorong peningkatan pendapatan Ekonomi masyarakat selama pandemi Covid 19, Polres Kepulauan Meranti jalankan Program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Gogok Darussalam RT 01 RW 04, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan cara berternak ikan lele.

Bibit ikan lele ditebar kurang dari tiga bulan lalu di kolam dengan Luas 2 x 4 M2, Di lahan mitra perikanan Polsek Tebing Tinggi Barat. Saat ini telah dapat dipanen dengan berat 296 Kg yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 2 September 2020 Pukul 16.00 Wib.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto mengatakan, dengan adanya program ini, Dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian selama pandemi ini.

"Terbantunya masyarakat yang mempunyai usaha mandiri yang merupakan modal dasar ketahanan perikanan di masing masing wilayah," Sebutnya, Minggu, 6 September 2020.

Ia juga memerintahkan Bhabinkamtibmasnya, sebagai ujung tombak penggerak ekonomi kerakyatan melalui pembentukan mitra perikanan.

"Mendorong petugas Bhabinkamtibmas dan personil Polri sebagai motor penggerak ekonomi Kerakyatan melalui pembentukan mitra perikanan," Jelasnya.

Wimpi juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi penyemangat dalam meningkatkan mutu dan kualitas hasil perikanan, dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dengan berternak ikan lele, perwira menengah Polri ini mengaku masyarakat mendapat keuntungan hingga Rp.6.884.000.

"Jika bibit ikan 10.000 ekor dikali 200 rupiah perekornya, maka total yang dikeluarkan sebesar Rp. 2.000.000, dan untuk pakan kita perkirakan sebesar Rp. 9.470.000, jika dijumlahkan maka modal yang dikeluarkan sebesar Rp. 11.470.000," Ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, Total ikan yang sudah dipanen seberat 374 Kg, dan masih menunggu diperkirakan 500 Kg ikan untuk dipanen. Masyarakat tidak perlu khawatir dalam penjualan hasil hasil panen, pihaknya telah bekerja sama dengan penampung.

"Pemanenan dilakukan tiga kali, dan Pemasaran ikan lele hasil panen, dibeli oleh penampung untuk dijual kembali dipasar," Tutupnya.