Tradisi Barakan Jemaat HKBP Bengkalis Sambut Tahun Baru 2020

Barakan.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Tradisi barakan atau rombongan juga dilakukan kalangan masyarakat jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kabupaten Bengkalis, Riau menyambut tahun baru 2020.

Memasuki hari kedua tahun baru 2020, rombongan masyarakat Batak Bengkalis saling berkunjung mendatangi rumah rekan dan saudara dengan senyum sumringah, diwarnai canda, mereka saling bertegur sapa dan bertanya kabar mewarnai obrolan.

Ketua rombongan jamaat HKBP Bengkalis, S Pakpahan mengatakan barakan tahun ini dimulai dari tangal 2 sampai 3 januari 2020.

"Tahun ini rombongan diikuti 25 KK, jadi kita bagi dua hari jadwal rombongan," kata S Pakpahan kepada RIAUONLINE, Kamis, 2 Januari 2019.

Ditambahkan Pakpahan, warga jemaat HKBP Bengkalis ikut melestarikan tradisi barakan ini sama saudara-saudara saat lebaran yang penuh kekerabatan.

"Pesannya jelas, membagi makanan yang kita punya untuk siapa saja tanpa melihat status sosialnya," tambahnya.

Diakui Pakpahan, hampir seratusan warga jemaat HKBP, saling berkunjung mendatangi rumah warga yang merayakan tahun baru.

Dalam kegiatan tersebut, biasanya tuan rumah mengawali dengan kata sambutan dan bersambut dengan sambutan dari mewakili rombongan. Selanjutnya bernyanyi bersama dan doa penutup.

"Biasanya diawal dan akhir rombongan tuan rumah menyajikan makan berat agar rombongan semangat untuk keliling ke rumah-rumah warga," tambah Pakpahan