ASN Kembali Diingatkan untuk Tetap Netral dalam Pilkada Inhil

ASN-netral-di-pilkada.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Pesta demokrasi pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak 2018 sudah di depan mata. Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto kembali mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas di Pilkada.

Hal itu disampaikannya saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri RI pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-110, yang dirangkai dengan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXII dan sekaligus pencanangan Milad Ke-53 Kabupaten Inhil, yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Rabu 2 Mei 2018.

Dikatakan Rudyanto, seluruh ASN harus menjaga netralitasnya selama tahapan dan pelaksanaan Pilkada mendatang berlangsung.

"Pemerintah tidak akan sungkan memberi sanksi tegas jika ada ASN yang coba-coba menjadi tim sukses calon kepala daerah, juru kampanye, memberikan bantuan fasilitas untuk kampanye atau bentuk tindakan tidak netral lainnya," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Inhil akan terus berusaha agar tahapan dan pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018 nanti, baik untuk tingkat Provinsi Riau maupun Kabupaten Inhil dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Tentu saja keterlibatan ASN dalam hal ini perlu dinetralisir, sebagaimana dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku," terangnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Inhil untuk mewujudkan netralitas ASN tersebut, adalah dengan penandatanganan komitmen bersama terkait Netralitas ASN Kabupaten Inhil pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati tahun 2018, yang dilakukan oleh Pemkab Inhil diwakili Asisten I Setda, Unsur Forkopimda, Panwaslu dan KPU Kabupaten Inhil. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id