MTQ Desa Sanglar Berinovasi Hadirkan Cabang Al-Barzanji

MTQ-Desa-Sanglar.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Sebuah inovasi cabang perlombaan dihadirkan oleh penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-2 tingkat Desa Sanglar, Kecamatan Reteh.

Inovasi tersebut dilakukan dengan menghadirkan cabang perlombaan Al-Barzanji. Barzanji dalam MTQ adalah cabang perlombaan yang perdana dilaksanakan.

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyambut positif dengan inovasi ini. Ia juga meyakini, tradisi barzanji akan berkembang pesat jika secara konsisten dilaksanakan dalam setiap penyelenggaraan MTQ.

"Inovasi seperti yang dilakukan oleh Desa Sanglar sangat diperlukan. Yang dilakukan ini adalah upaya pelestarian tradisi masyarakat Islam di 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia'," tukas Bupati pada penutupan iven MTQ Desa Sanglar, Senin 22 Januari 2018 sore.

Pelestarian tradisi Islam, Barzanji, dikatakan Bupati adalah langkah positif untuk memberikan warna baru dalam setiap penyelenggaraan MTQ.

"Saya begitu mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Desa Sanglar. Semoga hal ini dapat ditiru oleh Desa lainnya. Semoga inovasi - inovasi lain dapat dilahirkan oleh desa lainnya," harap Bupati.

Masih menyangkut tentang penyelenggaraan MTQ Desa Sanglar, diungkapkan Bupati, bahwa Dirinya begitu menghargai jerih payah dan kerja keras pihak panitia yang telah mempersiapkan segala kebutuhan penyelenggaraan.

* Singgah di Resepsi Pernikahan Warga

SEBELUM menghadiri penutupan MTQ Desa Sanglar, HM Wardan dan istri menyempatkan diri untuk singgah di resepsi pernikahan warga. Ini dilakukan orang nomor satu di Inhil untuk memenuhi undangan pernikahan dari salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Tak ayal lagi, kehadiran bupati membuat kedua mempelai dan orangtuanya terkejut dan gembira. Bahkan tamu undangan juga turut terkejut. Mereka pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk foto bersama.

"Selamat menempuh hidup baru. Semoga Sakinah, Mawaddah, Warrahma. Dalam mengarungi bahtera rumah tangga senantiasa rukun dan saling melengkapi satu sama lain," ucap Bupati dalam do'anya. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id