Andi Rachman Janjikan Air Bersih untuk Tiga Kabupaten ini

Kampanye-dialogis-Andi-Rachman.jpg

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, DUMAI - Pasangan calon nomor 4, Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno menjanjikan pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum untuk warga pesisir di tiga daerah, Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis.

"Kebutuhan air bersih ini memang menjadi dambaan warga pesisir karena susah sekali mendapatkannya. Apalagi kalau sudah masuk musim kering," ujar Andi Rachman saat mengisi kampanye dialogis dengan warga dan anggota Hiswana Migas di Jl Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Rabu, 4 April 2018.

Gubernur Riau nonaktif ini, juga mengaku sering mendapat keluhan warga, yang harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli air bersih.

Untuk itu, Melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Dumai Rohil Bengkalis (Durolis), Andi rachman berharap bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Proyek tahap pertama ini akan menelan anggaran sekitar Rp 800 miliar. Ini merupakan budget sharing antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Riau dan kabupaten kota. Pembagiannya yakni sekitar Rp 350 miliar dibiayai pusat, Rp 250 miliar Pemprov Riau dan sisanya tiga kabupaten kota tadi," jelas Andi Rachman.

"Alhamdulillah, dengan berjalannya proyek, InsyaAllah, akhir 2018 warga Rohil bisa menikmati air minum yang bersih. Ini merupakan sejarah baru bagi Dumai, Rohil dan Bengkalis," kata Andi Rachman.

Riau patut bersyukur, lanjut Andi, karena atas kesungguhan pemerintah provinsi dan jajarannya, proyek ini mendapat dukungan penuh dari pusat.

Pasalnya ada beberapa daerah lain di Indonesia yang masih tertunda dan belum bisa dijalankan atas proyek serupa

Ditambahkannya, SPAM Regional Durolis ini akan melayani empat Kecamatan di Kota Dumai yakni Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur, Dumai Selatan. Kemudian lima Kecamatan di Rokan Hilir yakni Tanjung Melawan, Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, Bangko Pusako. Serta dua Kecamatan di Bengkalis yakni Mandau dan Pinggir.

"Dengan masing-masing jumlah sambungan Rumah (SR) yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR," urainya.

Untuk itu, Andi Rachman mengharapkan pada akhir tahun 2018 ini, 4.000 rumah tangga masyarakat di Tanah Putih, Rokan Hilir akan dapat menikmati pelayanan air minum yang layak. Kemudian pembangunan jaringan pipa distribusi yang cukup panjang untuk melayani Dumai dan wilayah Duri sekitarnya dapat dinikmati pada akhir 2019. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id