Aktual, Independen dan Terpercaya


Gerak Jalan dan Festival Permainan Rakyat Meriahkan HUT RI ke-72 di Inhil

Pencanangan-kegiatan-olahraga-Inhil.jpg
(Humas Inhil)

Laporan: M ZAENAL REDO

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Rapublik indonesia ke-72 Tahun 2017 yang dipusatkan di lapangan upacara Gajah Mada, dilaksanakan Pencanangan Kegiatan Olahraga yang dirangkai dengan pelepasan perlombaan Tri Lomba Juang, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Ada dua agenda perlombaan yaitu Gerak Jalan Tri lomba Juang yang diikuti 169 regu dari tanggal 12 sampai 15 Agustus 2017. Yang kedua adalah Festival permainan Rakyat yang dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 18 Agustus 2017 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati.

Pencanangan kegiatan ini dipimpin oleh Bupati HM Wardan dan turut dihadiri Wakil Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

Dalam sambutannya, Bupati HM Wardan mengatakan peringatan hari kemerdekaan ke-72 yang dilaksanakan pada tahun 2017 ini mengangkat tema yaitu "kerja bersama". Tema ini mengingatkan kembali akan pentingnya kebersamaan.

"Kebersamaan sejatinya prinsip dasar masyarakat Indonesia yang mengakar kuat dalam kehidupan berbangsa. Salah satu wujud nyata semangat kebersamaan adalah gotong royong, yang dilakukan dalam bentuk bahu-membahu dan tolong-menolong, tanpa membedakan ras, suku dan agama, untuk mencapai tujuan bersamamelalui tema "kerja bersama" ini kita juga diharapkan dapat kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan, berjuang membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, serta menjadikan bangsa ini lebih maju dan berjaya," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, perlombaan tri lomba juang ini tentu saja memiliki esensi penting. Melalui perlombaan tri lomba juang ini, diharapkan semua bisa menyadari bagaimana beratnya perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pejuang dalam meraih kemerdekaan, yang mana perjuangan panjang tersebut sudah sepatutnya pula untuk dikenang dan dihargai.

"Disamping itu, saya juga berharap melalui kegiatan olahraga ini, semangat nasionalisme akan semakin tumbuh dan meningkat tidak hanya pada diri peserta saja, akan tetapi juga pada diri kita semua. Karena sejatinya nasionalisme ini sangat berguna selain untuk membina rasa persatuan antara penduduk negara yang heterogen karena perbedaan suku, agama, ras, dan golongan sekaligus dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang perbedaan yang ada, tetapi juga bermanfaat untuk membina rasa identitas dan kebersamaan dalam negara serta untuk mengisi kemerdekaan yang telah kita dapatkan," harap Bupati.

Lebih jauh Bupati Wardan menuturkan, pada kesempatan yang baik ini, ia berpesan kepada seluruh peserta tri lomba juang agar selama mengikuti perlombaan ini bisa menjaga kekompakan, kedisiplinan serta semangat juang yang tinggi, dengan tetap memperhatikan keselamatan dan ketertiban di jalan.

"Saya berharap melalui kegiatan olahraga ini, kebersamaan, persatuan dan kesatuan semakin tumbuh dan berkembang, baik di antara para peserta maupun di antara kita semua. Selanjutnya, marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai motivasi untuk mengisi kemerdekaan yang telah dianugerahkan oleh Allah Yang Maha Kuasa ini dengan berbagai hal yang bersifat positif dan bermanfaat, dengan memberikan dan melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara ini, tanpa melupakan semangat kebersamaan," harapnya kembali

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id