Kemenag Inhil Kumpulkan Rp 9 Juta Lebih untuk Rohingya

Kepala-Kemenag-Inhil-Drs-Azhari-Syukur.jpg
(Dedy Purwadi)

Laporan: DEDY PURWADI

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Kantor Kementrian Agama ( Kemenag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil mengumpulkan dana Rp 9 juta lebih sebagai bentuk partisipasi meringankan beban penderitaan yang menimpa muslim rohingya, Myanmar, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Kepala Kemenag Inhil Drs Azhari Syukur mengatakan, bantuan tersebut berhasil dihimpun dari infak serta sukarelawan unsur Kemenag termasuk guru dan siswa siswi melalui sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Inhil.

Baca Juga: 

Inilah Siapa Dan Apa Tentang Muslim Rohingya Di Myanmar

Saat Mengungsi, Tentara Myanmar Kepung Dan Serang Muslim Rohingnya

"Kita imbau kepada unsur yang berada dibawah naungan Kemenag Inhil agar bersedia meluahkan sedikit rezekinya untuk membantu saudara kita yang tengah didera musibah sesuai dengan surat edaran yang masuk kepada kemenag Inhil untuk melakukan penggalangan dana," ujar Azhari.

Kembali ia katakan, penggalangan dana tersebut sudah selesai dilakukan dan nominal angka yang diperoleh telah disalurkan ke Kemenag Provinsi untuk selanjutnya diteruskan ke Rohingya.

Atas bantuan yang diminta, Azhari mengaku, ia beserta pihaknya sama sekali tidak mengkondisikan secara paksaan atas bantuan yang diminta, Jika ingin membantu Alhamdulillah, jika tidak pun tidak akan dipermasalahkan.

Begitupula dengan nominal bantuan, berapapun jumlahnya tetap diterima. Pada intinya, Azhari mengaku, dirinya tidak begitu mengerti apa motif yang melatar belakangi masalah yang menimpa muslim rohingya, sehingga menimbulkan musibah hingga kekerasan sedemikian.

Yang jelas, terlepas dari unsur agama, muslim rohingya adalah manusia dan sesama manusia sudah diwajibkan atas kita untuk saling membantu sebagai bentuk solidaritas dan rasa persaudaraan terlebih kepada mereka yang sedang mengalami musibah.

"Kita juga mengecam keras segala bentuk kekerasan termasuk yang dialami saudara kita. Mereka saudara kita sudah sewajarnya kita peduli," tambahnya.

Untuk itulah, ia berharap, semoga dengan adanya bantuan yang diberikan mampu meringankan beban dan segala penderitaan yang dialami muslim rohingnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id