(Video) Seperti Apa Senangnya Seorang Bupati Main Meriam Bambu? Lihat Aksi Ini

Bupati-Syamsuar-Main-Meriam-Buluh-atau-Bambu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/YOUTUBE)

Laporan: EFFENDI 

RIAU ONLINE, SIAK - Malam takbir lalu menjadi malam tak terlupakan bagi Bupati Siak, Syamsuar. Ingatannya kembali pada 50-60 tahun silam, saat ia masih kanak-kanak. 

Ketika itu, ia kerap bermain meriam buluh atau bambu menyambut Lebaran Idul Fitri. Pada Sabtu malam, 24 Juni 2017, saat malam takbiran, kenangan indah masa kecil Syamsuar itu kembali lagi. 

"Meriam buluh atau bambu adalah mainan khas budak Siak saat menyambut malam lebaran. Malam ini, saye kembali meletupkan meriam bambu di tepian Sungai Siak," kata Syamsuar di laman akun media sosialnya, Facebook, Senin, 26 Juni 2017. 

Baca Juga: Lagu "Tuhan" Potret Hidup Syamsuar, Dari Buruh Batubara Menuju Pemimpin Daerah

Meriam bambu yang dimainkan Syamsuar ini merupakan pembukaan secara resmi Festival Meriam Buluh dengan jumah peserta 52 regu terdiri dari seluruh kecamatan. Festival ini digelar di tepian Bandar Sungai Jantan, Siak.  

Dalam video yang RIAUONLINE.CO.ID peroleh, Bupati Syamsuar memindahkan letak kain sarungnya yang semula melilit di pinggangnya, kini melintang di bahunya. 

Klik Juga: Cerita Syamsuar Relakan Vespa Kasayangan Untuk Modal Nikah

Ia kemudian menurunkan badannya dan meniup bibir meriam bambu tersebut sebelum meletakkan kayu pemantik agar meriam tersebut mengeluarkan bunyi ledakan. "Hufffff, Woi...," saat meriam bambu dimainkannya meledak. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline