10 Ribu Penari Lancang Kuning Riau Pecahkan Rekor MURI

Penari-lancang-kuning-pecahkan-MURI.jpg
(Dok. Pemprov Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) atas penampilan 10.000 penari lancang kuning yang ditampilkan pada agenda Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dan Lancang Kuning Carnival tahun 2024.

Agenda ini digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien, dan Jalan Cut Meutia, pada Jumat, 3 Mei 2024 malam. 

Piagam MURI diserahkan oleh Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri kepada Pj Gubernur Provinsi Riau SF Hariyanto. 

Pada kesempatan itu, SF Hariyanto mengatakan terimakasih atas prestasi yang telah sama-sama diusahakan oleh seluruh elemen Pemprov Riau untuk mewujudkan semua acara dan penampilan tarian hingga meraih rekor MURI.

Dituturkan Pj Gubri SF Hariyanto, setelah sukses melaksanakan kegiatan BBI BBWI tahun 2023 lalu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya untuk melaksanakan kegiatan serupa. Namun, agar lebih menarik, Pemprov Riau tahun mengemasnya dengan kegiatan Lancang Kuning Carnival 2024.


"Tahun lalu, dari kegiatan ini berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp63 miliar. Berdasarkan kesuksesan itu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya melaksakan kegiatan serupa" jelasnya.

Penampilan 10.000 penari ini juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi yang hadir pada agenda tersebut.

"Riau keren sekali, dalam puncak acara ini ada beberapa kegiatan yang membanggakan, dan yang paling membanggakan adalah pada adik-adik menari yang jumlahnya sebanyak 10.000 orang. Ini merupakan juara dunia," ujarnya.

Sementara itu, Seorang peserta tari, Kanaya (18) menerangkan, kegiatan ini dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah gejolaknya era globalisasi. Ia menambahkan, langkah yang tepat dari Pemprov Riau menggandeng generasi muda dalam menyukseskan pemecahan rekor Muri untuk daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning.

“Kami sangat senang bisa dilibatkan Pemprov Riau dalam aksi tarian massal pemecahan rekor Muri. Dari kegiatan ini, kami bersama dapat belajar untuk menghargai dan memahami keberagaman budaya yang ada. Selain itu, kami juga dapat mengenal teman-teman baru," pungkasnya.