Harga Kelapa Butiran Pekan Ini Naik, Pinang Kering dan Kopra Stagnan

Ilustrasi-kelapa-butir.jpg
(ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perkebunan mencatat sejumlah produk komoditi perkebunan di Provinsi Riau pekan ini lebih dominan tidak mengalami perubahan harga atau stagnan. 

"Hanya kelapa butiran yang naik sehingga menjadi Rp 3.188 per kg di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti," ujar Kepala Dinas Perkebunan Riau, Syahrial Abdi, Kamis 3 Mei 2024. 

Ia menjelaskan, untuk pinang kering (100%) masih sama berada pada level Rp 4.363 per kg. Harga tersebut berlaku di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Disusul harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp 5.575 per kg. 


"Selanjutnya ada tepung sagu basah sebesar Rp2.475 per kg. Harga tersebut berlaku di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti yang juga tetap dari harga di minggu lalu," jelasnya.

Namun, harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di Kabupaten Kampar malah mengalami penurunan menjadi Rp12.000 per kg. 

"Dinas Perkebunan Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar). Sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya