WBP Lapas Pekanbaru Semarakkan Hardiknas dengan Belajar Mengaji

WBP-Lapas-Pekanbaru-mengaji.jpg
(Dok. Lapas Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru mengikuti program belajar mengajar di Masjid At Taubah dalam kawasan Lapas Pekanbaru.

Kegiatan ini merupakan bentuk Lapas Kelas IIA Pekanbaru dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2024.

Para WBP antusias belajar mengaji, tilawah, mendalami akhlak, serta memahami sirah nabawiah bersama guru agama yang telah disiapkan pihak Lapas.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik, Ismadi mengatakan pembelajaran agama Islam merupakan bagian penting dari pembinaan bagi para WBP. 

Hal ini juga dianggap sebagai pemberian hak dari negara kepada seluruh warga binaan. Dalam semangat tema Hari Pendidikan Nasional 2024, "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".


"Lapas Kelas IIA Pekanbaru berupaya memberikan pengajaran yang setara dengan masyarakat lainnya kepada para WBP sekaligus memperingati Hardiknas 2024," jelas Ismadi.

Ismadi juga mengatakan, hari pendidikan nasional tahun ini menjadi pemacu semangat WBP untuk terus menuntut ilmu meski dari balik jeruji besi.

Di kesempatan lain, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Budi Argap Situngkir mengungkapkan bahwa pemberian pembelajaran ini merupakan hak bagi seluruh WBP yang harus dipenuhi. 

"Upaya pembelajaran ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan agama, tetapi juga membantu dalam pembinaan moral dan persiapan untuk kehidupan di luar masa tahanan," katanya.

"Semoga semangat belajar dan kerjasama antara pihak lapas, guru pengajar, dan para WBP terus berlanjut, memberikan manfaat yang besar bagi pembinaan dan pemulihan mereka," pungkasnya.