Penerimaan Peserta Didik Baru SMPN di Pekanbaru Dimulai Awal Juli 2024

Rapat-PPDB-SMP.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peserta didik di Kota Pekanbaru segera memasuki tahun ajaran baru 2024/2025. Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri Pekanbaru bakal berlangsung pada Juli 2024 mendatang.

"Jadwal PPDB pada awal Juli nanti. Jadi, tahun ajaran baru dimulai pada pertengahan Juli," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu 23 April 2024.

Pihaknya telah meminta agar setiap SD dan SMP segera menyerahkan daya tampung bagi peserta didik baru. Sementara, Disdik belum memastikan daya tampung dari tiap sekolah.

Jamal menjelaskan, ada empat jalur penerimaan dalam PPDB kali ini. Keempat jalur tersebut yakni zonasi, afirmasi, prestasi hingga jalur pindah orangtua.


Jalur zonasi yakni jalur bagi calon peserta didik yang berdomisili dekat sekolah. Jalur afirmasi bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Sementara, jalur prestasi bagi calon peserta didik yang punya prestasi akademik maupun non akademik.

"Ada juga jalur pindah orang, bagi orangtuanya yang pindah tugas ke Kota Pekanbaru," ulasnya.

Ia menyampaikan, jalur penerimaan dalam PPDB tahun ini belum ada perubahan. "Kalau untuk jalur penerimaan belum ada perubahan bila dibanding tahun lalu, masih empat jalur yang jalur penerimaan," jelasnya.

Jamal menambahkan bahwa orangtua dan para calon peserta didik SMP negeri di Kota Pekanbaru masih punya waktu mempersiapkan diri jelang PPDB pada Juli 2024 nanti.