Pesan Kapolda Riau saat Pimpin Apel Kesiapan PAM Tempat Pemungutan Suara

Irjen-Mohammad-Iqbal98.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal memimpin ucara Apel kesiapan personel Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (PAM TPS) Pemilu di Halaman Mapolda Riau, Selasa, 30 Januari 2024.

Sebanyak 1664 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari seluruh Personel Polda Riau dilibatkan untuk pengamanan TPS Pemilu 14 Februari nanti.

Dalam arahannya, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan kalau pesta Demokrasi tersebut tinggal menghitung hari, sehingga seluruh personel diminta untuk bekerja maksimal.

"Pemilu akan segera tiba, hanya belasan hari lagi. Kita sebagai Garda terdepan menjamin keamanan apalagi dalam momentum Pemilu dapat bekerja maksimal," tegas Irjen Iqbal kepada ratusan Personel yang ikut Apel.

Lanjut Jendral bintang dua itu, pihak Kepolisian wajib memiliki strategi khussus dalam pengamanan saat Pemungutan Suara, tak hanya saat Pemungutan, sebelumnya bahkan sesudahnya diharapkan memiliki strategi.

"Pemilu adalah agenda Nasional perjalanan negara kita, proses sistem politik yang harus dijunjung tinggi."

"Tak hanya pihak kepolisian, seluruh elemen dari Forkopimda, KPU, Bawaslu diharapkan mampu bergandengan tangan meyakinkan Proses Pemungutan Suara berjalan dengan baik, aman dan lancar," terang Iqbal.


Masih kata eks Kapolda NTB tersebut, dari 12 Satuan kerja wilayah Polda Riau, tanggal 11 Februari nanti akan dikirim ke Kabupaten/Kita yang ada di Riau dalam melakukan tugas pengamanan.

"Rekan-rekan semua, seluruh tupoksi ploting personil TPS masing-masing harus siap melaksanakan tugas."

"Total sebanyak 1664 Personel Polda Riau disiapkan untuk PAM TPS dengan rincian BKO Polda ada 943 Personel, BKO Brimob 420 Personel dan sisanya dari Polda Riau dan Polres Jajaran," jelas Irjen Iqbal.

Adapun tugas BKO Pengamanan TPS akan diklasifikasikan bedarsarkan kategori tingkat kerawanan.

"Persiapkan diri semaksimal mungkin, jaga kesehatan baik yang dapat tugas di luar dari Pekanbaru. Klasifikasikan kategori tingkat kerawanan, mulai dari sangat rawan, rawan dan tidak rawan," pungkasnya.

Seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Riau juga mengikuti Apel kesiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara di Provinsi Riau.