Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan

Ilustrasi-Bawaslu.jpg
(Rakyatku.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menggelar rapat koordinasi penguatan kelembagaan Bawaslu Riau dan Bawaslu se-kabupaten/kota dalam pengawasan tahapan Pemilu serentak tahun 2024 di Hotel Premiere Pekanbaru, Selasa, 10 Januari 2023.

 

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, mengatakan tujuan kegiatan itu dilakukan untuk memberikan penguatan kelembagaan kepada Bawaslu se-kabupaten/kota dalam menghadapi Pemilu yang sudah di depan mata.

 

"Digelar rapat koordinasi ini karena sudah tampak banyak hal yang perlu diawasi. Kemudian supaya ini bisa memberikan semangat dan motivasi agar mereka bertugas dengan baik untuk menjalankan Pemilu yang jujur dan adil,"ujarnya.

 

Sementara itu Kapolda Riau, M Iqbal, mengatakan Bawaslu merupakan wasit dalam menyukseskan suatu Pemilu. Ditambahkannya, jika pengawasnya sudah berintegritas jujur adil dan mandiri, ia yakin Pemilu sesuai yang diharapkan.

 

"Tapi kalau Bawaslu lip service tentu sangat menentang semangat demokrasi," tegasnya.

 

Menurutnya komunikasi dan kolaborasi dalam suatu organisasi dalam menyongsong Pemilu 2024 adalah variabel penting untuk menuju visi dan tujuan bersama yakni menggapai Pemilu yang jurdil dan berintegrasi tinggi.


 

 

 

"Jadi posisi kepolisian RI jelas sudah diatur undang-undang. Harapan saya komunikasi yang intens Bawaslu dan Polisi dimulai dari sekarang agar hal -hal yang tidak diinginkan dikemudian hari bisa diminimalisir sejak dini. Seperti proses pelanggaran pilkada kode etik dan lain-lain," terangnya.