DPRD Riau Gelar Rapat Paripurna Hasil Kerja Banggar, APBD 2023 Capai Rp 9,83 Triliun

DPRD-Riau21.jpg
(Humas DPRD Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-DPRD Riau menggelar rapat paripurna dengan beberapa agenda, salah satunya agenda penyampaian laporan hasil kerja Badan Anggaran (Banggar) terhadap Rancangan Perda tentang APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2023 sekaligus persetujuan Dewan dan pendapat akhir Gubernur.

Pimpinan DPRD Riau beserta Gubernur Riau, Syamsuar saat mengikuti rapat paripurna/Humas DPRD Riau

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Riau mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD tahun 2023. Setelah diketok palu, APBD Riau 2023 mencapai Rp 9,83 triliun dalam Rapat Paripurna Hasil Kerja Banggar.

Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho dan Hardianto saat mengikuti rapat paripurna/Humas DPRD Riau

Pimpinan Sidang, Yulisman, usai sidang paripurna menyampaikan, tahapan RAPBD di DPRD Riau sudah rampung.

 "Selanjutnya kita tunggu tahapan di Kemendagri ya, itu nanti ada evaluasi dan lainnya," katanya, Kamis, 10 November 2022.

Anggota DPRD Riau, Eddy Yatim, Kelmi Amri, dan Abdul Kasim saat mengikuti rapat paripurna/Humas DPRD Riau

Mengenai adanya defisit sekitar Rp 600 miliar, Yulisman menyampaikan pengurangan anggaran Pemprov Riau, maka perlu ada prioritas yang sesuai dengan yang berkembang di masyarakat.

Anggota DPRD Riau, Zulkifli Indra, Sahidin, dan Syafruddin Iput saat mengikuti rapat paripurna/Humas DPRD Riau


"Kemudian tak boleh keluar dari yang ada di RPJMD. Tentu situasinya berkembang juga pasca Covid banyak yang tertunda program prioritas pemerintah," terangnya.

Anggota DPRD Riau, Ade Agus, Husaimi Hamidi, Markarius Anwar, dan Parisman Ihwan saat mengikuti rapat paripurna/Humas DPRD Riau

"Intinya APBD sudah dikaji dengan Banggar dan TAPD, antara DPRD dengan Pemprov. Sudah melalui tahapan dan evaluasi bersama," ujar Yulisman.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti hasil kerja Banggar dengan menyampaikan hal ini ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Ketua DPRD Riau, Yulisman saat memimpin rapat paripurna/Humas DPRD Riau

"Ini akan dilakukan fasilitasi menteri dalam negeri. Semoga nanti cepat selesainya," harap Syamsuar saat ditemui Rapat Paripurna di Gedung DPRD Riau.

Ia menyebut, pihaknya akan melakukan proses percepatan kegiatan lainnya, salah satunya dengan melakukan tenderisasi lebih cepat pada tahun ini.

 

 

"Supaya pekerjaannya terkait dengan fisik dapat lebih cepat penyelesaiannya pada tahun 2023 yang akan datang," ujarnya.

Jajaran Pemprov Riau, yakni Gubernur Syamsuar saat mengikuti rapat paripurna

Menyoal program yang difokuskan dari APBD 2023 provinsi Riau ini ungkap Syamsuar, akan tetap menyesuaikan pada program prioritas.

Anggota DPRD Riau, Dona Sri Utami, Karmila Sari, Almainis, dan Sulastri saat mengikuti rapat paripurna

"Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," tutupnya. (Galeri Foto DPRD Provinsi Riau)