Sudah 30 Tahun Mengabdi, Guru Honorer Keciduk Murid Mengamen di Pasar

Guru-honorer5.jpg
((Instagram/@nenk_updatee))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-sudah 30 tahun mengabdi, guru honorer keciduk murid mengamen di pasar. Video menunjukkan seorang bapak tua yang sedang mengamen di sebuah pasar.

Yang membuat miris dan prihatin, bapak tua itu merupakan seorang guru honorer yang sudah mengabdi selama 30 tahun. Himpitan ekonomi menjadi alasan dirinya mengamen.

Guru honorer mengamen tersebut diunggah akun Instagram @nenk_updatee, Rabu (14/9/2022). Dalam video yang pertama akun tersebut menyebut bahwa guru tersebut mengamen dan diketahui muridnya.

"Sedih sekali, 30 tahun menjadi pengajar honor ini, ketahuan ngamen dengan muridnya. Lali divideokan dan diviralkan," tulisnya.

"Ternyata beliau tidak mengerti bahwa muridnya tersebut sengaja agar bisa menyawer," tulisnya yang kedua.

Dalam video, guru ini mengaku sudah tidak ada sumber pendapatan lagi. Pendapatan bisa didapat kalau ada yang mengajak main organ.


"Diajak guru SMPN 19, dua minggu yang lalu, saya dikasih 150 ribu rupiah. Tapi sekolah itu sekarang sudah dijual menjadi perumahan. Sekolah itu tepatnya di depan SMA 6, Jalan Sersan Sani," kata pria tersebut.

Padahal, bapak tua ini memiliki bakat mengarang lagu, bahkan setiap lagu ia bisa membuat not lagu. Dalam tayangan video, ia menunjukkan sejumlah karyanya.

 Warganet pun banyak yang merasa miris melihat nasib dari guru tua tersebut. Banyak warganet yang berkomentar dengan ikon wajah menangis.

"Ya Allah, Pemerintah harusnya lihat yang kayak gini," tulis akun @fithriya_yuliasfita sambil meminta pemerintah turun tangan dengan nasib para guru honorer.

Akun @arddy92 mengatakan pensiun bapak tersebut dalam bentuk amal jariyah.

"Pensiunanmu mungkin dalam bentuk amal jariyah pak," tulisnya dikutip dari suara.com

"Ya Allah...Maafin kita bapak...maafin negara kita...semoga dimudahkan rejeki bapak,"tulis akun @maries.k.

Akun @natriravivani mendoakan bapak tersebut dimudahkan segala urusan. "Ya Allah sedih banget. Bapak sehat selalu, semoga dimudahkan segala urusan. Bapak nabung pahala," tulisnya.