Moge Bebas Masuk Tol, Pemilik Motor Bebek: Jangan Pilih Kasih, Kami Juga Mau

Moge-masu-tol.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Iring-iringan sejumlah motor gede (moge) di Tol Pekanbaru - Bangkinang, Kampar membuat kecemburuan sosial bagi warga yang melihat. 

 

Bagaimana tidak, Tol yang harusnya diperuntukkan untuk kendaraan roda empat, tapi bisa dilewati oleh kendaraan roda dua (moge) dan dikawal oleh pihak kepolisian. 

 

Mendapati hal ini, Dodi yang merupakan warga Bangkinang mengaku ingin mendapatkan perlakuan istimewa seperti pengendara moge bebas masuk Tol. 

 

"Jangan pilih kasih, kami juga ingin masuk Tol pakai motor bebek. Jangan moge saja yang diperbolehkan," ujar Dodi, Rabu, 6 Juli 2022.

 

Tidak hanya itu, Dodi juga meminta perhatian pihak pengelola Jalan Tol, Hutama Karya untuk tidak tebang pilih. 

 

Dodi mencontohkan kendaraan dari komunitas lain yang ingin masuk Tol dan melewati jalan tol apakah mendapatkan izin dari pihak pengelola (HK). 

 

"Jika ada komunitas motor bebek, atau vespa masuk Tol apa dapat izin dari HK. Tolong adil. Jangan karena ada pejabat di Moge mereka bebas masuk," pungkasnya. 


 

Sebelumnya diketahui, Kabag Ops Ditlantas Polda Riau, Kompol Ruri memberikan penjelasan kenapa Moge masuk Tol Pekanbaru -  Bangkinang. 

 

"Sedikit menjelaskan bahwa jalan yang dilintasi Moge adalah jalan proyek jalan tol yang masih dalam pengerjaan dan siapa saja boleh lewat dengan seizin HK," ujar Kompol Ruri, Minggu, 3 Juli 2022.

 

Selanjutnya, Kompol Ruri juga menjelaskan kalau pihaknya melakukan pengawalan untuk melalui jalan tol tersebut dengan memperhatikan faktor keamanan pengguna jalan. 

 

Adapun tujuan Moge yang melintasi Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang dan mendapatkan pengawalan polisi yakni Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. 

 

Sekitar 4000 Moge dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam acara yang diselenggarakan sejak Kamis 30 Juni hingga Minggu 3 Juli 2022.

 

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kapolda Sumbar, sekaligus Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Irjen Pol Teddy Minahasa mengklaim Event Sumatera Bike Week (SBW) 2022 di Bukittinggi. 

 

“Event SBW 2022 dari seluruh Indonesia yang diadakan di Bukittinggi aman dan tak ada satu pun insiden," tegas Irjen Teddy, dikutip dari KataSumbar, Sabtu malam 2 Juli 2022.