Pernah Dicopot saat Menjabat Kapolres, AKBP Asep Jadi Dirreskrimum Polda Riau

AKBP-Asep-Darmawan2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Nama AKBP Asep Darmawan sudah tidak asing bagi warga Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

 

Bagaimana tidak, AKBP Asep Darmawan ternyata pernah menjadi Kapolres Kampar pada pertengahan Bulan September 2019.

 

Namun tidak lama mengisi jabatan Kapolres Kampar, dirinya dicopot Kapolri Jenderal Idham Aziz pada saat itu terkait masalah etika.

 

Diduga, pencopotan Kapolres Kampar karena AKBP Asep Darmawan kedapatan datang terlambat dan ngobrol saat Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz memberi arahan dalam rapat resmi nasional.

 

Kapolres Kampar Provinsi Riau, AKBP Asep Darmawan pun ditegur terbuka, lalu 4 hari kemudian, dicopot dari jabatan. 

 

Padahal dia baru dua bulan menjabat jadi Kapolres.

 

Surat perintah pencopotan Asep oleh Kapolri turun dengan nomor telegram; ST 3094 IX KEP 2019, tertanggal Senin, 18 November 2019.

 

Menurut Idham Aziz pencopotan AKBP Asep Darmawan dari jabatan Kapolres terkait masalah etika.

 

"Masalah Kapolres kampar itu tidak hanya masalah ketika dia terlambat apel tapi di situ juga terselip masalah etika, sebagai Kapolres sebagai Kasatwil dia adalah teladan dan harus ditindak," ujar Idham Aziz dalam Rapat Kerja bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 20 November 2019 lalu. 

 

Pencopotan tersebut menurut Idham Azis sebagai contoh kepada Kapolres lain agar memberikan teladan kepada anak buahnya.

 

"Bagi saya, satu keteladanan lebih baik daripada 1.000 nasehat dan saya ingin memberi gambaran kepada Kapolres yang lain."


 

"Kalau anda sudah tidak benar bagaimana kau bisa memimpin satu kesatuan. Kira-kira begitu kebijakan saya," pungkasnya. 

 

Namun saat ini bedasarkan surat Telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor ST/1216 MI/KEP/2022 tertanggal, Senin, 20 Juni 2022, AKBP Asep Darmawan yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Riau resmi menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Riau menggantikan Kombes Teddy Ristiawan. 

 

Sedangkan Kombes Teddy Ristiawan saat ini menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Hal ini tentu menarik, saling tukar tempat antara Kombes Teddy Ristiawan dengan Kapolda Riau saat ini, Irjen Pol Mohammad Iqbal. 

 

Ya, M Iqbal pernah menjadi Kapolda NTB sebelum menjadi Kapolda Riau. Dimana saat ini Kombes Teddy Ristiawan bertugas hingga beberapa tahun/bulan ke depan. 

 

Bisa dilihat ini saling tukar tempat. Kombes Teddy yang dulunya di Polda Riau sekarang pindah ke NTB, kalau Irjen M Iqbal yang dulu di NTB sekarang pindah ke Polda Riau.