Tahun Ini, Menag Yaqut Optimis Jemaah Calon Haji Indonesia Berangkat ke Mekkah

menag-yaqut.jpg
(RAHMADI/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas optimis jamaah haji Indonesia bisa diberangkatkan ketanah suci tahun ini.

Pasalnya, Pemerintah Indonesia sudah berjuang melalui Kementrian Agama untuk terus berkomunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi agar haji bisa dibuka.

“Presiden Jokowi intens berkomunikasi dengan pemerintah Saudi terkait pemberangkatan haji. Saya sebagai pembantu presiden sangat optimis mudah-mudahan tahun ini jamaah haji bisa diberangkatkan dan Riau bisa mendapatkan quota sebaik-baiknya,” katanya di Gedung Daerah Balai Serindit Provinsi Riau, Rabu, 23 Februari 2022.

Yaqut menjelaskan dua tahun belakangan sejak pandemi Covid-19, pihaknya tidak memberangkatkan jamaah haji sesuai kebijakan Arab Saudi. Tapi Pemerintah Indonesia terus melakukan pendekatan ke pemerintah Saudi agar pemberangkatan haji kembali dibuka.


“November 2021 lalu, saya ke Saudi bertemu dengan beberapa pengambil kebijakan dan pengambil keputusan di Saudi, saya mendapat angin surga dan mudah-mudahan angin itu benar bahwa In syaa Allah jamaah haji ditahun ini dapat diberangkatkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk keputusan pasti pemberangkatan haji di tahun ini, pihaknya akan kembali berangkat ke Arab Saudi di Maret mendatang.

“Tentu kita semua juga memahi dan memaklumi, jika kemudian haji dibuka oleh Pemerintah Saudi, tentu tidak bisa dengan kapasitas full 100 persen,” pungkasnya.