77 Kelurahan di Pekanbaru Masuk Zona Hijau Covid-19

Zaini-Rizaldy.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mayoritas kelurahan di Kota Pekanbaru saat ini masuk zona hijau. Ada 77 kelurahan dari total 83 kelurahan di Pekanbaru berstatus aman dari dampak Covid-19.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru pada awal tahun ini, hanya ada enam kelurahan lainnya berada pada zona kuning, atau dengan tingkat risiko sebaran rendah.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, saat ini wilayah Pekanbaru nihil dari zona oranye dan merah. Data tersebut berdasarkan pemetaan Dinkes Kota Pekanbaru dari 2 hingga 8 Januari 2022.

"Untuk enam kelurahan yang berada di zona kuning di antaranya, Sialang Sakti, Tangkerang Barat, Delima, Kampung Dalam, Maharatu, dan Tuah Karya. Selebihnya sudah hijau semua," terang Zaini.


Sementara untuk pendataan zona per kecamatan, dari 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru, lima di antaranya berada di zona hijau. Sedangkan 10 kecamatan masih berada di zona kuning.

Lima kecamatan yang berstatus zona hijau atau tidak terdampak Covid-19 di antaranya, Kecamatan Kulim, Rumbai Barat, Rumbai Timur, Sail dan Kecamatan Sukajadi.

Menurut Zaini, ada peningkatan zona hijau dibandingkan pekan lalu. Berdasarkan pemetaan sebelumnya, hanya lima kecamatan zona hijau. Kemudian satu kecamatan zona oranye dan sembilan kecamatan zona kuning.

"Kita berharap agar sebaran kasus terus turun. Dengan tetap menjalankan prokes kita sama-sama mencegah penyebaran virus," pungkasnya.